TELUKKUANTAN - Limbago Sati Rantau Kuantan, jalur legendari dari Desa Jaya Kopah siap bertarung di seluruh arena pada tahun 2019 ini.

Terlebih, jalur ini mendapat dukungan penuh dari Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PTSP Naker). Menurut Desko Putra, Ketua jalur Limbago Sati Rantau Kuantan, masyarakat Jaya Kopah semakin semangat mendapat dukungan tersebut.

"Alhamdulillah, kami semakin semangat untuk latihan dan dari beberapa uji coba, kami bisa mengungguli jalur lain," ujar Desko.

Dikatakannya, Limbago Sati Rantau Kuantan dibuat pada tahun 2000. Kendati terbilang tua, jalur ini tetap eksis dan pernah mengukir prestasi di berbagai gelanggang.

Ads
Seperti pada tahun 2004, Limbago Sati meraih juara IV di Gunungtoar dan juara II di Kari. Sebelumnya, tahun 2002 saat HUT Kuansing, Limbago meraih juara II. Kemudiam, pada tahun 2008, Limbago Sati meraih juara IV di Kecamatan Benai.

Baru-baru ini, jalur Limbago Sati mendapat 'sentuhan' dari tukang Inhu. Alhasil, jalur tersebut semakin mantap untuk menghadapi iven pacu jalur.

"Insya Allah, kami akan jelajahi seluruh arena pada tahun ini," ujar Desko.

Sementara itu, Plh Kepala Dinas PTSP Naker, Mardansyah didampingi Kabid Naker Aprimon menyatakan dukungan yang diberikan kepada Limbago Sati merupakan wujud kepedulian terhadap budaya pacu jalur.

"Sebagai orang Kuansing, kita harus bangga dengan pacu jalur dan kita bertanggungjawab untuk melestarikannya," ujar Mardansyah.

Dengan adanya dukungan ini, Mardansyah berharap jalur Limbago Sati Rantau Kuantan bisa menjadi yang terbaik dan mengukir prestasi.***