JAKARTA - Pengamanan pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono dipertebal pascaperistiwa bom Bandung.

Sebanyak 10.800 personel TNI-Polri dikerahkan untuk mengamankan pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu yang akan digelar di Kota Solo dan Yogyakarta. Jumlah itu lebih banyak dari rencana sebelumnya sebanyak 7.500 personel gabungan.

Untuk persiapan pengamanan, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II, Marsdya TNI Andyawan Martono, bersama Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi melakukan apel gelar pasukan di Stadion Manahan, Rabu (7/12/2022).

Sebanyak 10.800 personel gabungan tersebar di Kota Solo dan Yogyakarta dikerahkan dalam pengamanan pernikahan Kaesang dan Erina. "Kita cek kesiapan acara yang dilaksanakan ini. Kita harapkan aman dan lancar. Kita mengimbau untuk masyarakat Solo Raya dan sekitarnya marilah kita berkerja sama, apa yang menjadi kegiatan kita bersama dan Pak Presiden ini berjalan lancar," kata Marsdya TNI Andyawan Martono, setelah mengecek kesiapan personel.

Selai itun, ia menekankan personel gabungan akan bertindak secara humanis dan tidak meninggalkan tradisi kearifan lokal dalam pengamanan. Sementara itu, terkait antisipasi ancaman pascateror bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat pada Rabu (7/12/2022) pagi, Andyawan Martono melakukan edukasi atas dampak adanya aksi teror tersebut.

"Bahwa itu hal-hal yang tidak baik. Ada fasilitas terbuka dari pemerintah yakni TNI dan Polri untuk menyampaikan segala sesuatu. 10800 personel dengan beberapa peralatan tidak ingin hal-hal buruk terjadi," tegasnya.

Sementara itu, Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi menekankan peningkatan keamanan sudah dilaksanakan. Bahkan, pihaknya mengantisipasi dengan menebalkan personel di beberapa titik pengamanan.

"Pada prinsipnya, tidak ada sejengkal tanah pun yang tidak diawasi oleh anggota intelejen kita. Sehingga negara hadir, dan negara tidak boleh kalah dari terorisme. Saya Kapolda menjamin keamanan dan keselamatan kegiatan ini," tegasnya.

Di sisi lain, dalam kegiatan pernikahan Kaesang Pangarep ini bakal dihadiri sekitar 6.000 tamu undangan dalam tasyakuran di Pura Mangkunegaran. Khusus di Solo, acara adat ngunduh mantu akan digelar di Loji Gandrung, kemudian melakukan kirab menuju Pura Mangkunegaran.***