PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan membentuk kader Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Hal itu dilakukan untuk menjadikan lingkungan lebih aman, nyaman, bersih dan sehat dalam mendukung PHBS.

"Banyak orang berpotensi terserang penyakit sangat tinggi bila tidak dijaga kebersihan dan kesehatan. Karena itu kita bentuk kader PHBS," terang Kepala Diskes Pelalawan, dr Endid RP kepada GoRiau.com, Minggu (28/9/2014).

Dijelaskan Endid, promosi kesehatan (Promkes) menjadi salah satu upaya wajib dan penerapan yang gencar dilakukan yaitu dengan melakukan penerapan PHBS. Sebelumnya pencanangan PHBS sudah dilakukan dengan dibuktikannya kampanye perilaku hidup bersih dan sehat beberapa waktu lalu.

"Ini sudah sejalan dengan visi misi Bupati, yaitu menciptakan Pelalawan sehat. Dengan keseriusan pencanangan PHBS ini kita juga memberdayakan masyarakat dengan melakukan pembentukan kader PHBS," jelasnya.

Sambung Endid, untuk setiap bulannya pihaknya akan turun kelapangan melakukan pemantauan serta evaluasi kepada kader yang sudah dibentuk.

"Ada 10 indikator PHBS, yakni persalinan dibantu tenaga kesehatan, pemberian asi ekslusif selama 6 bulan, berat badan ditimbang, menggunakan air bersih, cuci tangan pakai sabun, memakai jamban sehat, membasmi jentik nyamuk, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik, tidak merokok didalam rumah," bebernya.

Diungkapkan Endid, dari 10 indikator tersebut, setidaknya ada dua indikator yang sangat sulit dilakukan oleh masyarakat yaitu mencuci tangan dengan sabun dan tidak merokok di dalam ruangan.

"Namun, kita akan selalu bekerja keras, agar penyempurnaan semua indikator tersebut bisa terwujud," tandasnya.(***)