PEKANBARU - Sejumlah anggota Komisi IV DPRD Riau yang masih berusaha memperjuangkan Embarkasi Haji Riau dilaksanakan tahun ini, harus mengalami kekecewaan. Pasalnya, ketika bertemu dengan Kepala Seksi Haji di Kemenag RI, Kamis, (31/5/2018), terungkap bahwa pihak Kemenag bahkan tidak mengetahui adanya surat yang dikirimkan Pemprov Riau terkait persiapan embarkasi itu.

Artinya, Kemenag RI sama sekali belum memproses surat tersebut, Padahal sudah dikirimkan sejak 29 April 2018 lalu. Hal ini menyebabkan dewan semakin pesimis jika embarkasi di Riau bisa dilaksanakan tahun ini.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi IV DPRD Riau Abdul Wahid, yang kemudian menuturkan bahwa kejadian ini dikarenakan tidak ada komunikasi dari pihak Kanwil Kemenag Riau ke pusat. Sehingga surat Pemprov ini bahkan tidak diketahui oleh Kemenag RI.

"Tadi saya dan teman - teman komisi IV menemui kepala seksi haji di Kemenag RI, mempertanyakan terkait embarkasi haji di Riau ini. Ternyata Kemenag RI bilang tidak tahu kalau ada surat dari Pemprov, mereka baru tahu waktu kita datang," ungkapnya.

"Kenapa bisa seperti ini, inikan seharusnya pihak Kanwil Kemenag Riau mengkomunikasikan dan follow up ke pusat terkait surat tersebut. Namun kenyataannya sama sekali tidak ada ditindaklanjuti oleh pihak Kemenag Riau," paparnya.

Selain itu, dituturkan Abdul berdasarkan keterangan Kemenag RI, Kanwil Riau juga tidak menyinggung pembicaraan embarkasi. Selama ini, hanya pihak Pemprov yang sering datang ke pusat, namun tidak ada pemberitahuan jika Pemprov sudah memasukan surat.

Padahal seharusnya pihak Kanwil Kemenag Riau lebih aktif menggesa agar embarkasi haji Riau bisa dilakukan tahun 2018 ini. Sementara saat ini, menurut Abdul sangat kecil kemungkinannya. Karena embarkasi haji antara sudah terjadwal.

"Kalau sekarang, kecil kemungkinan embarkasi kita bisa dijalankan. Karena embarkasi antara itu sudah terjadwal, dan ini juga sudah bulan berapa? Tapi, yah kita berharap saja," ujarnya. ***