BAGANSIAPIAPI - Peringatan hari sampah 2020 dimanfaatkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir Riau menjadi momentum untuk membuat Kota Bagansiapiapi menjadi bersih. Saat ini, kota yang pernah menjadi penghasil ikan terbesar di Indonesia itu terus bersolek agar menjadi kota yang nyaman untuk semua orang.

''Kita manfaatkan momentum hari peduli sampah untuk mencanangkan Kota Bagansiapiapi menjadi indah dan bersih. Beberapa lokasi sudah bersih dan bahkan lampu hias juga sudah terpasang sehingga menambah cantik kota Bagansiapiapi,'' ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir Riau, Suwandi SSos, Jumat (28/2/2020).

Sementara puncak hari peduli sampah akan dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2020 dengan mengadakan upacara yang akan dipimpin langsung oleh Bupati Rohil Suyatno.

Selain mempercantik kota dan melakukan pembersihan jalan-jalan, DLH juga memberikan motivasi kepada ''pasukan kuning'' untuk bekerja penuh disiplin dan semangat sehingga menghasilkan lingkungan yang bersih dan indah.

Sementara launching hari peduli sampah sudah dilakukan Kamis, 27 Februari 2020 di kantor DLH Rohil dan dihadiri Rohil, Drs H.Subroto, mantan Kadis DLH (dulu Bapedalda) dan jajaran DLH Rohil antara lain Sri Haslina (Sekretatis DLH), Syahrul SKM Kabid Pengendalian Pencematan Kerusakan lingkungan, M Nur Hidayat SH Kabid Penataan Lingkuan Hidup (PPLH), Dian Lestari ST dan semua pengawas lapangan tenaga kebersihan.

Drs H Subroto mantan Kepala Bapedalda (kini DLH) menyebutkan banyak kemajuan dan peningkatan keindahan dan kebersihan. ''Menjaga, merawat dan melestarikan lingkungan tugas kita bersama,'' ujar Pak De sapaan akrab Subroto. ***