PEKANBARU, GORIAU.COM - Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau baru menerima laporan dari dua kabupaten/kota yang terserang penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) akibat dampak kabut asap yang beberapa pekan terakhir menghampiri.


Total 1.493 penderita ISPA yang terdiri dari 823 dari Kabupaten Siak dan 670 dari Kota Dumai. "Hingga saat ini baru masuk dua laporan dari kabupaten/kota tentang penderita ISPA sebagai dampak dari kabut asap di Riau," kata Kasi Kesehatan Lingkungan Diskes Riau, Diwani kepada wartawan, Selasa (11/2/2014).


Dijelaskan Diwani, berdasarkan data yang masuk, untuk Selasa (11/2/2014), Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Pekanbaru mencapai 103 polutan melebihi ambang batas, kemudian Minas 64 polutan dalam kondisi sedang, Duri 162 polutan di atas standar dan Dumai 449 polutan dalam kondisi sangat buruk.


"Jika melihat kondisi saat ini, penderita ISPA kemungkinan bertambah. Namun saat ini belum ada laporan dari kabupaten/kota lainnya, baru Siak dan Dumai yang menyampaikan rekapan," sambung Diwani.


Antisipasi tercepat dimana seluruh Puskesmas yang ada harus standby dalam menangani dan menanggapi kondisi buruk ini. Saat ini masih tersedia sebanyak 89600 masker. Bagi daerah yang sudah memberikan laporan, seperti Siak telah meminta sebanyak 4 ribu pcs.


Menyusul Dumai sebanyak 8 ribu pcs permintaan. Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau juga meminta 8 ribu pcs. "Kemudian 2 ribu pcs juga sudah kita bagikan," tandasnya.***