SIAK - Persoalan parkir memang tidak pernah ada habisnya di setiap daerah. Mulai dari retribusinya hingga lahan parkirnya, terkadang menjadi polemik bagi masyarakat. Seperti di Kecamatan Tualang, ada lahan parkir yang menggunakan badan jalan.

Hal ini dikeluhkan sejumlah Penghulu di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau kepada Bupati Siak Alfedri saat menghadiri Musrenbang Kecamatan Tualang, Sabtu (27/2/2021) lalu.

"Keluhan penghulu ini kita respon, dan kita instruksikan kepada Dishub untuk mengecek kembali kelayakan lahan parkir yang menggunakan bahu jalan ini," kata Alfedri.

Dijelaskan Alfedri, sesuai dengan undang-undangnya memang di jalan umum itu menjadi lahan untuk dipungut parkirnya, kecuali ada permohonan kekhususan dari pihak-pihak tertentu seperti yang dilakukan pihak Ramayana.

"Mereka (Ramayana, red) memiliki tanggung jawab membayar pajak parkir 10 persen ke pemerintah. Makanya kita tegaskan Dishub Siak untuk mengevaluasi ulang kebijakannya," ungkap Alfedri.

Selanjutnya, kata Alfedri, pihak pemerintah Kampung juga dimintakan untuk mengajukan areal-areal mana saja yang dikelola oleh Pemkam, sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku. Karena distribusi dari usaha lahan parkir, menjadi pemasukan pendapatan kampung yang ada di kecamatan Tualang.***