DUMAI, GORIAU.COM - Setelah menyediakan Free Wifi (Wifi Gratis) bagi masyarakat, kini Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai kembali menyediakan layanan SMS Center, khususnya masyarakat Dumai dan sekitarnya.

Layanan SMS Center ini merupakan upaya revitalisasi Dishub Dumai menuju pelayanan prima dalam meningkatkan pelayanan Informasi dan pengaduan dari masyarakat luas.

''Pelayanan SMS Center ini meliputi pelayanan informasi penting dan pengaduan dari masyarakat yang dapat dilakukan secara cepat, praktis, mudah, singkat dan handal,'' ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai Taufik Ibrahim melalui Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Program Said Effendi, Jumat (21/3/2014).

Said menjelaskan, SMS Center ini dapat dilakukan dengan sangat mudah dan praktis, caranya cukup dengan mengirimkan sms dengan kode yang telah ditentukan lalu dikirim ke nomor tujuan layanan SMS Center dengan nomor tujuan layanan SMS Center 0823 8555 0000.

Dirincikan Said, adapun layanan yang tersedia di SMS Center Dinas Perhubungan Kota Dumai ini ialah seputar layanan informasi, diantaranya dengan cara, Ketik : INFO#1#PIN untuk Informasi Umum. Ketik: INFO#2#PIN untuk informasi Persyaratan KIR, Ketik: INFO#3#PIN untuk Informasi Izin Masuk Kota, Ketik: JADWALBRKT#ID_KAPAL#PIN untuk informasi Jadwal keberangkatan kapal, Ketik: JADWALTIBA#ID_KAPAL#PIN untuk informasi Jadwal Kapal Tiba, Ketik: PSWBRKT#ID_PSW#PIN untuk informasi Jadwal Keberangkatan Pesawat dan Ketik: PSWTIBA#ID_PSW#PIN untuk informasi Jadwal Pesawat Tiba.

''Setelah sms pengaduan atau untuk pencarian informasi telah dikirim ke SMS Center, maka akan secara otomatis menerima balasan yang dijawab langsung oleh layanan operator sistem komputer yang disediakan oleh Dinas Perhubungan Dumai,'' terang Said.

Ditambahkannya, pelayanan SMS Center ini merupakan pelayanan dalam bentuk informasi dan pengaduan, berbagai jenis informasi yang disediakan oleh Dishub melalui layanan SMS center.

''Mudah-mudahan dengan adanya layanan SMS Center yang kita sediakan ini bisa turut serta membantu masyarakat luas yang ingin mengetahui informasi tentang Dinas Pehubungan Dumai dan ini salah satu bentuk transparansi dan layanan prima yang coba kita tingkatkan kepada publik,” tukas Said. (za)