TELUKKUANTAN – Kasus hewan ternak kena penyakit mulut dan kuku (PMK) semakin menjadi-jadi di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Banyaknya kasus menempatkan Kuansing di urutan pertama kasus PMK di Provinsi Riau.

Dari ribuan kasus, beberapa petani memilih untuk potong paksa hewan ternaknya ketika terpapar PMK. Tindakan itu diambil, karena petani tidak ingin rugi.

"Sejauh ini, ada empat ekor hewan ternak yang potong paksa oleh pemiliknya. Dua ekor kerbau rawa dan dua ekor sapi bali," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kuansing, Andri Yama Putra kepada GoRiau.com, Senin (5/9/2022) di Kantor Bupati Kuansing.

Petani yang melakukan potong paksa berada di Kecamatan Gunungtoar dan Kecamatan Kuantan Tengah. Dikatakan Andri Yama, hewan ternak yang terpapar PMK tidak membahayakan bagi kesehatan manusia.

"Kalai untuk kasus kematian, Kuansing hanya ada dua kasus, di Kuantan Tengah satu dan di Singingi satu. Jenis hewan ternak yang mati, sapi bali dan kerbau," terang Andri Yama.

Dikatakan Andri Yama, Kasus PMK di Kuansing memang tinggi. Cepatnya penularan PMK di Kuansing, karena Kuansing merupakan pintu masuk Riau. Kendati demikian, tingkat kesembuhan juga yang tertinggi di Provinsi Riau. Data per 31 Agustus 2022, ada 1.112 ekor hewan ternak di Kuansing terindikasi PMK.

"Dari kasus ini, 927 ekor sudah sembuh. Sedangkan angka kematian hanya dua," ujar Andri Yama.

Tingginya tingkat kesembuhan di Kuansing tak lepas dari upaya yang dilakukan Disbunak. Dimana, Disbunak gencar melakukam vaksinasi terhadap hewan ternak.

"Ada 3.638 ekor hewan ternak yang sudah mendapat vaksin. Kita juga melaksanakan booster, hewan ternak yang sudah vaksin tahap pertama, akan disuntik lagi. Sekarang yang sudah booster sekitar 795 ekor," terang Andri Yama.

Di sisi lain, Pemkab Kuansing sudah membentuk Satgas Penanganan PMK yang langsung dikomandoi oleh BPBD. Terhitung hari ini, Disbunak Kuansing bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau mengaktifkan posko pemantau hewan ternak di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik.***