JAKARTA - Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT (Persero) Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III pada Rabu, 16 Oktober 2019, menunjuk Irvandi Gustari menjadi Direktur Keuangan PT Pelindo III.

Dikutip dari liputan6.com, Irvandi menggantikan Direktur Keuangan Pelindo III sebelumnya, Iman Rachman, yang kini menjabat sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero).

Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung mengapresiasi penunjukan Irvandi Gustari sebagai Direktur Keuangan Pelindo III yang sempat kosong selama hampir tiga bulan.

''Bergabungnya Irvandi yang memiliki kemampuan dan pengalaman baik di bidangnya akan melengkapi formasi jajaran Direksi Pelindo III dalam mewujudkan Pelindo III sebagai Beyond Port of Indonesia dengan visi Menjadi Pemimpin Bisnis di pelabuhan,'' ujar Doso.

Sementara, Irvandi Gustari sebelum dipilih menjadi Direktur Keuangan Pelindo III menjabat sebagai Direktur Utama Bank Riau & Kepulauan Riau. Jabatan itu diembannya sejak 2015. Sebelumnya Irvandi pernah menjabat sebagai Vice President Group di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN).

Doso yakin dengan formasi jajaran direksi saat ini, Pelindo III akan semakin cepat melakukan akselerasi-akselerasi bisnis, dimana Pelindo III saat ini fokus dalam pengembangan pelabuhan dalam rangka menekan biaya logistik untuk menaikkan daya saing produk nasional.

''Selamat datang di Pelindo III, saya harap saudara Irvandi bisa segera menyesuaikan diri dengan direksi lainnya dan dapat terus memberikan sumbangsih pemikiran, dedikasi, kreativitas, loyalitas, dan kemampuannya dalam menjalankan tugas-tugas sebagai Direktur Keuangan,'' harap Doso.

Pelindo III adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan. Tugas, wewenang, dan tanggung jawab Pelindo III mengelola 43 pelabuhan yang tersebar di 7 provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, serta memiliki 23 anak perusahaan dan afiliasi.

Pelindo III menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo III mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi negara dan masyarakat.***