TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Direktur Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pusat Erman Syamsuddin mengharapkan Kabupaten Indragiri Hilir menuntaskan pendirian PAUD di setiap desa.

Permintaa itu disampaikannya saat menghadiri pelantikan Forum PAUD dan Pengukuhan Bunda PAUD Kabupaten Inhil di Gedung Engku Kelana, Tembilahan, Sabtu (26/4/2014). "Pembentukan karakter seorang anak 90 persen terbentuk mulai anak-anak usia dini. Jadi saya sangat mengharapkan ke depan Inhil bisa secepatnya menuntaskan 1 desa 1 PAUD," kata Erman Syamsuddin.

Keberadaan PAUD ini diharapkan mampu meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan anak usia 3-6 tahun di Inhil yang masih di kisaran angka 37 persen, sedangkan nasional sebesar 63,01 persen.

"Kabupaten Inhil yang memiliki jumlah penduduk terbesar ketiga di Riau setelah Pekanbaru dan Kampar harus bisa memanfaatkan jumlah penduduk ini dengan mencetak generasi muda yang cerdas dan komperehensif dan itu harus dimulai sejak usia dini," ujarnya.

Bupati Inhil H Muhammad Wardan saat memberikan sambutannya juga menegaskan akan mencanangkan perogram 1 desa 1 PAUD. "Kita akan canangkan perogram ini dan kita harapkan akan tuntas di tahun 2014 ini," katanya.

Dituturkannya, untuk angka partisipasi kasar (APK) pendidikan anak usia 3-6 tahun, saat ini Kabupaten Rohul merupakan Kabupaten terbaik di Riau dan Inhil adalah yang terendah. "Kondisi geografis yang sangat luas tentu saja menjadi kendala, dan kalau kita bisa tuntaskan 1 desa 1 PAUD tahun ini maka itu merupakan hal yang luar biasa. Itu yang harus kita lakukan," tegasnya.wan