PEKANBARU – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri akan dimulai melalui sistem online pada 27 Juni 2022. PPDB bagi SMP tahun ini diperkirakan berkapasitas sekitar 8.000-an siswa.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Muzailis mengatakan saat ini sudah melakukan sosialisasi kepada masing-masing pihak sekolah. Sekolah diminta untuk menggelar PPDB sesuai dengan petunjuk teknis atau peraturan yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Kita sudah sosialisasikan sekaligus menyampaikan dengan kepala sekolah untuk melakukan persiapan sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan," ujar Muzailis, Kamis (16/6/2022).

Ia menjelaskan, kapasitas PPDB sekolah negeri tidak bisa menampung jumlah seluruh siswa yang telah lulus SD tahun ini. Dimana, jumlah siswa yang lulus kelas 6 SD, mencapai 14.000 -an siswa.

"Siswa yang tamat SD baik negeri maupun swasta berkisar 14 ribu siswa, sehingga yang tertampung di SMP Negeri hanya sekitar 60 persen," jelasnya.

Sementara itu, bagi siswa yang tidak berkesempatan masuk sekolah negeri berkisar 40 persen dari total 14.000 tersebut. Para siswa ini akan ditampung di sekolah swasta. ***