SIAK KECIL – Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis, Bagus Santoso, didampingi Tim Teknis Dinas PUPR, anggota DPRD dan kepala desa mendatangi warga yang terkena dampak banjir akibat tidak berfungsinya parit besar di Dusun Cempedak, Desa Lubuk Gaung atau disebut Tenda Biru Kecamatan Siak Kecil, Rabu (16/11/ 2022).

Banjir mengakibatkan pemukiman dan perkebunan warga rata-rata terendam. Jumadi, salah satu warga yang menyambut kedatangan Wabup, mengatakan, rumah dan kebun warga sudah hampir dua minggu terendam.

“Terima kasih Bapak Wabup telah mendengar suara kami, warga sudah hampir 2 minggu tak bisa berkebun, tak dapat berbuat apapun,” katanya.

Jumadi dan warga lainnya mengaku, meski kebanjiran, untuk kebutuhan harian sejauh ini mereka masih mampu, belum terganggu.

“Pak Wabup kami bukan minta bantuan sembako, tapi kami mohon bantuan untuk cuci parit supaya air bisa lancar mengalir ke sungai," katanya.

Dari peninjauan ke lapangan, diketahui saluran menuju sungai Meram anak sungai Siak Kecil tak berfungsi, penuh semak belukar.

Parahnya lagi, gorong-gorong bangunan lama dibuat di atas tunggul kayu, sehingga air tersumbat. Kades Lubuk Gaung, Zamar, mengataksn, sebagian wilayah desanya berada sepanjang aliran sungai Siak Kecil sehingga berpotensi terendam. Sementara wilayahnya sangat luas, maka tak kan mampu mengandalkan dari anggaran desa, baik dari pusat maupun Bankeu khusus Bermasa.

“Ini yang kami rasakan setiap musim hujan. Terus terang kalau tak dibantu proyek normalisasi atau cuci parit anggaran dari Kabupaten Dinas PUPR, kami tak terdaya mengatasinya,” ujar Zamar.

Melihat kondisi lapangan, Wabup Bagus Santoso menyemangati warga tetap kompak serta melakukan aktifitas secara bergotong royong.

“Kami pemerintah hadir bersama untuk mengurai permasalahan agar bisa kita atasi dengan cara kerjasama semua pihak,” kata Wabup.

Bagus Santoso juga minta kepada swasta, terutama perusahaan yang beroperasi di Kecamatan Siak Kecil, umumnya Kabupaten Bengkalis, tidak tutup mata. “Ayo perusahaan, anda mencari makan di sini, maka berkewajiban membantu masyarakat,” imbuh Bagus Santoso.***inf