BENGKALIS, GORIAU.COM - Hujan yang turun tidak begitu lebat turun pada Rabu malam (18/2/2015), belum mampu memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Bengkalis. Walau demikian, sedikit banyak mampu mengambat rembetan api.

Kepala BPBD-Damkar Kabupaten Bengkalis, Moch Djalal, dihubungi, Kamis (19/2) mengatakan, kebakaran sampai saat ini masih terjadi di kawasan Terkul dan Titi Akar Kecamatan Rupat Utara. Saat ini regu pemadam BPBD-Damkar dibantu masyarakat setempat standby dan terus melakukan pemadaman di lokasi.

Begitupun di Sungai Linau Kecamatan Siak Kecil. Kendati api belu berhasil dipadamkan total, namun sudah bisa dikendalikan. Hal tersebut berkat kerja keras regdam Damkar Bengkalis dan ditolong hujan yang turun pada malam Rabu. ''Sejak kemarin anggota kita berjibaku di lapangan memadamkan api. Alhamdulillah tadi malam dibantu hujan, walau belum padam total tapi sudah bisa dilokalisir,'' ujar Jalal.

Sementara di Desa Air Putih tepatnya di Jalan H Ilyas, juga sudah berhasil dipadamkan sejak sore Rabu atau sebelum hujan turun. Kata Djalal dirinya bersama Kapolres dan kapolsek serta regu pemadam Satpo PP berhasil menjinakan api pada sore Rabu. "Ditambah hujan tadi malam, insyaallah tidak akam menjalar ke mana-mana lagi," ujarnya.

Sedangkan di Desa Damai kata Djalal, asap yang sejak sore lalu terlihat mengepul dari wilayah tersebut berasal dai tunggul-tunggul kayu yang sengaja dibakar oleh pemilik lahan. Api diyakini tidak akan membesar dan menjalar ke mana-mana, karena di sekitar tunggul atau kayu-kayu tersebut tidak ada semak samun lagi alias bersih.

''Hari ini sejak malam tadi cuaca mendung dan tiupan anginpun tidak begitu kencang. Kedati tidak turun hujan tapi kalau kondisi cuaca seperti ini sedikit banyak memperlambat rembatan api. Ya harapan kita tentunya hujan kembali turun sehingga api benar-benar mati,'' harapnya. (jfk)