JAKARTA - Politisi PAN, Mulfachri Harahap mengungkapkan dirinya mendapat dukungan dari Amien Rais dalam pencalonannya sebagai Ketua Umum PAN pengganti Zulkifli Hasan.

Kepada wartawan, Rabu (15/1/2020), Mulfachri menyatakan, "saya mendapat dukungan tidak hanya dari Pak Amien rais, tetapi saya juga mendapat dukungan dari banyak kader senior, banyak tokoh partai, yang lama tidak terlibat dalam aktivitas partai dalam lima tahun belakangan ini,".

"Saya kira itu modal penting buat saya untuk maju dalam kongres nanti," kata Mulfachri yang akan maju berpasangan dengan Hanafi Rais ini.

Sejauh ini, kata Mulfachri, pihaknya terus berusaha menggalang dukungan dari temen temen daerah (DPD PAN). Kita, kata Dia, "harus menumbuhkan optimisme bahwa insyaallah kalau dikelola dengan baik Partai ini ke depan akan lebih baik,".

"Mereka (DPD-DPD, red) antusias menerima kami. Mereka antusias untuk ikut dalam dialog yang kami bangun sebagai budaya baru nantinya. Dan mudah mudahan antusiasme itu nanti akan berbuah dalam bentuk dukungan yang konkret dalam kongres yang akan datang," kata Mulfachri.

Termasuk budaya baru yang membawa optimisme bagi PAN, menurut Mulfachri, adalah di-declaire-nya Hanafi Rais sebagai calon Sekretaris Jenderal PAN nantinya.

Dalam kongres mendatang, Ia menjelaskan, pihaknya mencoba membangun sebuah tradisi baru agar kader yang memiliki suara berhak untuk lebih tahu sejak awal, terkait duet yang akan memimpin PAN ke depan.

"Dengan peformance dari duet seperti itu, kira kira harapan Partai ini seperti apa? Jadi, sejak awal kita sudah menyampaikan kepada voters inilah pasangan yang nanti kita akan sandingkan dalam memimpin PAN ke depan," kata dia.

Untuk diketahui, jadwal definitif Kongres PAN belum ditetapkan hingga saat ini. Rumor beredar, kubu lawan Mulfachri dalam kontestasi Pemilihan Ketua Umum PAN mendorong agar Kongres dipercepat.

Mulfachri berharap Sterring Committee (SC) sebagai pihak yang berwenang untuk menentukan jadwal Kongres, bisa segera bekerja dan menetapkan jadwal. Sayangnya, "SC sendiri belum terhentuk sampai hari ini,".

"Kan teman-teman tahu apa yang melatarbelakangi sampai hari ini SC belum terbentuk. Ya doakan saja ya, mudah-mudahan susunan SC dapat dilengkapi dalam waktu yang tidak terlalu lama," ujar Mulfachri.***