PANGKALAN KERINCI - Sungai Kerumutan di Kelurahan Rawang Empat, Kecamatan Bandar Petalangan, tampak hitam pekat dan berbau busuk menyengat sejak.

Diduga kuat pencemaran limbah terjadi di sungai tersebut bersumber dari kolam aplikasi limbah PT Serikat Putra yang bocor.

Informasi yang dirangkum Goriau, menghitamnya Sungai Kerumutan terjadi pada, Selasa (28/7/2020) pagi.

"Peristiwa ini awalnya diketahui oleh salah seorang warga yang hendak pergi ke kebun dan akan mengambil air. Melihat air hitam seperti oli dan bau busuk menyengat akhirnya melapor," ungkap Lurah Rawang Empat, Ramli.

Mendapat informasi itu, Lurah Rawang Empat Rawang mengajak staf perusahan untuk meninjau langsung ke lokasi menelusuri sumber penyebab menghitamnya air sungai.

Setelah ditelusuri, didapati di Blok E 11 Lubuk Raja Estate, kolam aplikasi limbah meluber. Air limbah mengalir ke Sungai Kerumutan.

"Dan kita ajak pihak perusahaan turut meninjau lokasi dimana penyebab air sungai hitam. Dan benar, limbah mereka bocor ke sungai," terangnya.

Ramli mengatakan, pihaknya sudah melaporkan periatiwa tersebut ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pelalawan. "Kita sudah melapor ke DLH dan mereka sedang dalam perjalanan kemari," tandasnya.*