TANGERANG - Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022 siap digelar di ICE Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang, Banten, 5-10 Desember 2022. Event kalender resmi Federasi Wushu Internasional (IWUF) yang melibatkan 807 peserta dari 60 negara dan 2 region (Hong Kong dan Macau) akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada Senin, 5 Desember 2022.

“Pertama - tama saya ingin menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas nama pemerintah, kepada Pak Ketua Umum PB WI, Airlangga Hartarto dan seluruh jajarannya atas terselenggaranya Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 yang akan dibuka oleh Bapak Presiden Jokowi," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali kepada wartawan dalam acara jumpa pers Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 di ICE Bumi Serpong Damai Tangerang, Banten, Minggu (4/12/2022).

Apa yang diungkapkan Menpora Amali cukup beralasan. Pasalnya, Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII ini mencatat peserta terbanyak dari penyelenggaraan sebelumnya. Apalagi, event ini menjadi tolak ukur buat menyambut Youth Olympic Games 2022 Dakkar, Senegal.

"Sekali lagi saya sangat berterimakasih atas terselenggaranya kejuaraan dunia yang menjadi ajang persiapan menuju Youth Olympic Games 2022 Dakkar. Wushu itu juga termasuk salah satu dari 14 cabang olahraga Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang sasaran utamanya prestasi dunia," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal IWUF, Zhang Qiuping jiuga mengakui Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 ini mencatat paling banyak melibatkan negara peserta.
Zhang Quiping yang berbicara atas nama Presiden IWUF juga menyampaikan apresiasi luar biasa kepada tuan rumah Kabupaten Tangerang, panitia lokal, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Federasi Wushu Indonesia (PB WI).

"Kami sangat bersemangat dengan adanya Kejuaraan Dunia Wushu Junior yang ke-8 di Indonesia. Ini merupakan kompetisi akbar pertama sejak pandemi global berlangsung, dan saya dapat merasakan kesenangan dan kebahagiaan dari para atlet muda ini karena dapat berpartisipasi secara langsung dan bukan secara virtual," katanya.

Dia merasa yakin event Wushu ini juga akan menggemakan kecintaan Indonesia terhadap olahraga, khususnya budaya Wushu yang begitu aktif dan penuh semangat. 

"Wushu dapat memberikan keseimbangan tubuh dan pikiran yang ideal. Keluarga besar wushu global mengusung semangat persahabatan, solidaritas, dan kedamaian, komunitas kami saat ini mencakup berbagai generasi dan menarik lebih banyak anak muda di seluruh dunia," jelasnya.

Zhang Quiping mengakui PB WI merupakan salah satu dari 158 anggota IWF yang paling aktif dan antusias, selalu membawa tim yang besar dan sukses di berbagai kejuaraan internasional. 

"Barangkali, pencapaian IWUF yang paling membahagiakan adalah berhasil secara membawa wushu untuk dipertandingkan secara resmi pada Youth Olympic Games 2026 Dakar nanti. Dan, itu hanya 4 tahun lagi. Ini membuat kita lebih dekat dengan Olimpiade. Pastinya, kita memiliki banyak calon juara muda olimpiade berkumpul pada kejuaraan wushu junior ini," tandasnya. ***