PANIPAHAN - Usai diresmikan (launcing) Kapolsek Panipahan Iptu Boy Setiawan SAP, Msi Kamis (9/7/2020), Posko Jaga Kampung Tangguh Nusantara telah diguna untuk mencegah penyebarluasan Covid-19 dengan mengecek kesehatan warga yang datang atau keluar masuk Panipahan Rohil Riau.

Jumat (10/7/2020), Kapolsek Panipahan Iptu Boy Setiawan SAP, Msi menyebutkan, keberadaan Posko Jaga diharapkan mampu mendeteksi dan memantau warga yang datang atau keluar masuk Panipahan.

''Posko Jaga Kampung Tangguh Nusantara dijaga 4 petugas terdiri dari unsur kesehatan dari Puskesmas, kepolisian, kepenghuluan, masyarakat. Ini berguna untuk menjaga zona hijau,'' ujar Boy Setiawan.

Penghulu Panipahan Kecamatan Pasir Linau Kapas Edy Syahrial Amk, Jumat (10/2020) menyebutkan, Posko Jaga terletak di RT 004 RW 004 Dusun Timur Panipahan ini di buka untuk mencegah penyebarluasan wabah Covid-19 di daerahnya.

''Panipahan ini daerah perbatasan darat, laut dengan Sumatera Utara. Berada di pesisir Pulau Sumatera dan Selat Malaka, maka sangat perlu dipantau ketat,'' ujar Edy Syahrial Amk.

Panipahan ibukota Kecamatan Pasir Limau Kapas dikenal juga sebagai kota terapung karena bangunannya bertiang tinggi dan pelataran, sedangkan di bawahnya pantai lumpur sangat tergantung dengan air laut pasang dan surut.

''Kita sepakat mendukung Kampung Tangguh Nusantara ini. Ini juga untuk memantau warga keluar masuk,'' terang H Abdurahman Yus Spdi, Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) didampingi Sunario alias Obak, pemuka warga Tioghoa. ***