JAKARTA - Pengalaman menarik dialami Youtuber asal Malaysia Rusdi Rusli saat datang ke Indonesia tepatnya di Jakarta. Rusdi Rusli memang jauh-jauh hari sudah mengumumkan kepada netizen Indonesia di kanal Youtubenya, akan melancong beberapa minggu di Indonesia.

Salahsatu kota tujuannya adalah Jakarta dan Bogor Jawa Barat. Hal itu diketahui saat Ia meninggalkan Malaysia pada 15 Juli 2022 lalu dan sempat mengunggah moment Rusdi Rusli di Bandara Malaysia hingga tiba di Soekarno Hatta.

Dilihat GoNews.co, setibanya di Jakarta, Rusdi Rusli tampaknya tidak menyia-nyiakan waktunya. Ia langsung tancap gas membuat video kegiatannya selama di Jakarta. Beberapa lokasi seperti Masjid Istiqlal, Monas hingga Kota Tua menjadi sasaran untuk membuat konten.

Tiga hari sudah Rusdi Rusli di Jakarta. Usai mentraktir anak-anak Indonesia di Monas, tragedi pun menimpa youtuber yang dikenal selalu membuat konten positif dengan me reaction isu-isu politik, sejarah dan berita positif tentang Indonesia itu.

Ya, Rusli ternyata kehilangan kartu ATM nya. Ia sempat panik dan ketakutan, pasalnya Ia tidak memiliki uang banyak di dompetnya. "Uang saya cuma sisa Rp25 ribu rupiah gaes, karena uang cash saya habis buat ntraktir anak-anak. Saya suka banget dengan bocil-bocil Indonesia yang saya jumpai di Monas, tapi Alhamdulillah uang segitu masih cukup buat saya nge-grab sampai ke hotel," ujar Rusli, Minggu (17/7/2022) seperti dilihat GoNews.co dalam siaran langsung Youtubenya.

Sejatinya, hari ini Rusli akan melanjutkan perjalanannya ke Kota Bogor. "Tapi karena kejadian ini saya harus menunda dan menunggu hingga Senin besok," tandasnya.

Rusli mengaku sempat takut, panik dan gemetar, Ia juga langsung menghubungi teman-temannya di Indonesia dan di Malayasia. Singkat cerita, Ia pun akhirya memberanikan diri untuk membuat laporan ke Polisi. "Setelah memberikan informasi kepada teman-teman saya baik di Indonesia maupun Malaysia, saya mau tak mau harus mengurus ATM saya di MY Bank yang ada di Indonesia. Tapi untuk mengurus ATM itu saya harus memiliki surat laporan kehilangan dari Kepolisian Indonesia," ceritanya.

"Saya benar-benar takut, karena saya adalah warga asing di sini. Begitu sampai di Kantor Polisi, saya bingung dan panik, Alhamdulillah saya lancar menggunakan bahasa Indonesia, sehingga saya langsung diterima petugas dengan baik. Alhamdulillah, semuanya baik-baik saja. Syukur Alhamdulillah saya di bumi Indonesia, saya mendapat layanan paling terbaik. Terima kasih Polri. Terima kasih teman-teman, Saya engak tau gimana kalau saya di negara lain. Terima kasih ya Allah," ujarnya.

Setelah Ia dipersilahkan duduk dan menjelaskan asal negaranya serta keperluanya untuk mengurus surat kehilangan, Rusli justeru menerima perlakuan yang diluar dugaan. Polisi tersebut malah menanyakan akun youtubenya dan bahkan langsung memberikan dukungan dengan mensuscribe channelnya. "Alahamdulillah kawan-kawan, Pak Polisinya baik sekali, dia bilang, kamu tenang saja, tidak usah panik, saya akan bantu buat surat kehilangan, ayok mari kita ngopi dulu. Ini diluar dugaan saya, saya malah diajak ngopi gaes, yang tadinya panik, takut, akhirnya berubah jadi bahagia terharu dan menangis saya gaes," urainya.

Ia pun menceritakan respon dari teman-temanya baik di Indonesia maupun di Malayasia. "Mereka kaget, kenapa saya bisa mendapatkan surat laporan dengan mudah, karena biasanya, WNA atau orang asing akan sulit. Bahkan beberapa teman saya di Bogor whatsapp saya menawarkan bantuan. Tapi sekali lagi saya benar-benar merasakan kebaikan dan keramahan Polisi Indonesia, warga Indonesia. Biasanya saya mereaction soal keramahan warga Indonesia melalui youtube, sekarang saya benar-benar mengalaminya sendiri," urainya.

Dalam video berdurasi 15 menit tersebut, ternyata juga menyita perhatian netizen Indonesia. Terlihat ada 129.378 penonton dan ratusan komentar dari warga Indonesia. "Semoga dibalik kehilangan ini ada hikmah dan karma baik yang akan datang menghampiri bang Rusdi. Tetap semangat bang Rusdi!," komentar akun Aan Irawan

Akun Ardi B udin menulis "Puji syukur Alhamdulillah, tetap semangat Bang Rusdi, berhati hatilah dlm perjalanan agar selamat,jng lupa ajak teman yg Abang kenal di INDONESIA, agar sllu terpantau juga terjaga keselamatanya,".

"Istirahat dulu bang, tidur dulu,besok kalau kemana -mana jangan sendirian ajak teman yang sudah akrab,dan slalu hati-hati,semoga abang di indonesia slalu dalam lindungan Allah swt," tulis Shei Tham.

"Alhamdulillah, semoga masalahnya segera selesai sehingga dpt melanjutkan perjalanan ketempat yg ingin dituju, dan semoga vidio ini dpt viral di Malaysia sehingga polis malaysia pun dpt memberi pelayanan serupa kepada pelancong dari indonesia," ujar Wong Pensiunan.

Untuk diketahui, Rusdi Rusli pernah mendapat kehormatan menjadi Youtuber Malaysia pertama yang diundang Dubes Indonesia di negeri jiran tersebut. Ia sendiri berdomisili di Kinabalu Malaysia. Ia dikenal sebagai Youtuber yang peduli dengan perkembangan ekonomi, militer dan budaya Indonesia.***