PEKANBARU - Di hari kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) ke Provinsi Riau, jumlah titik panas (hotspot) di Pulau Sumatera yang terupdate pada pukul 06.00 WIB, Jumat (21/2/2020) pagi meningkatkan drastis. Pagi ini, setidaknya ada sebanyak 16 hotspot yang berada di level confidence di atas 50 persen.

Prakirawan BMKG Pekanbaru, Ahmad Agus Widodo mengatakan, bahwa 16 hotspot di Sumatera tersebut tersebar di Provinsi Sumatera Utara sebanyak enam titik, Riau empat titik, NAD tiga titik, serta Bengkulu, Kepri, dan Sumatera Barat (Barat) masing-masing satu titik.

"Adapun empat titik yang terdeteksi di Riau ini berada di Kabupaten Bengkalis dua titik, Pelalawan dan Kota Pekanbaru masing-masing satu titik," kata Ahmad di Pekanbaru, Jumat pagi.

Lebih detailnya, kata Ahmad, dua titik panas yang terdeteksi di Bengkalis berada di Kecamatan Rupat. Sedangkan satu titik di Pelalawan terdeteksi di Kuala Kampar, serta satu titik di Kecamatan Rumbai Pesisir Pekanbaru.

Dari jumlah tersebut, diketahui ada dua titik yang berada di level confidence di atas 70 persen atau diduga sebagai titik api.

"Dua titik yang terdeteksi di Rupat diduga sebagai titik api karena berada di level confidence 100 persen dan 86 persen," ujarnya.***