BALIKPAPAN – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), KH Ma'ruf Amin menghadiri acara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 tahun 2022 yang mengambil tema Bersama Cetak Juara ketika berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (9/9/2022) malam.

Wapres KH. Ma'ruf Amin pun mengatakan jika olahraga bukanlah semata soal stamina, melainkan tentang kualitas hidup yang lebih sejahtera. Dimana menurutnya olahraga membangun kedisiplinan, ketangguhan, sportivitas, dan kerja sama. Kesemuanya berguna dalam kehidupan kita.

GoRiau

"Olahraga membentuk karakter bangsa, bahkan dapat menjadi sarana penjaga perdamaian dunia. Bersama Cetak Juara menjadi ajakan bagi kita, untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi di bidang olahraga. Oleh karena itu, para generasi muda, ayo terus bergerak, semangat berolahraga. Para orang tua, jangan kalah dengan pemuda," ucapnya.

Wapres yang juga merupakan Ketua Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) itu pun mengajak untuk menjadikan olahraga bagian dari keseharian, agar masyarakat Indonesia bergaya hidup sehat dan aktif sepanjang hayat. Selain itu, para pendidik dan pelatih juga diminta secara serius melakukan pembinaan sehingga memunculkan bibit talenta olahraga nasional. Tujuannya, agar terangkat martabat bangsa melalui raihan prestasi para atlet di kancah dunia.

GoRiau

"Mencetak Juara tentu bukan perkara instan, melainkan butuh pembinaan secara berkelanjutan yang berbasis pada ilmu pengetahuan. Sports science mesti dipraktekkan secara serius, agar atlet-atlet kita makin terurus. Saya mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk berkolaborasi membangun ekosistem yang modern dan kondusif bagi tumbuhnya industri olahraga nasional," tuturnya.

"Kita ingin mencetak gaya hidup sehat dan atlet berprestasi. Namun lebih dari itu, kita juga ingin membangun industri olahraga yang dapat menyumbang pada pertumbuhan ekonomi. Visi ini membutuhkan bangunan sinergi pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha dan industri, media dan akademisi, serta masyarakat luas, termasuk para atlet dan pelatih," ujarnya. ***