BENGKALIS- Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Bengkalis mencatat 57 orang warga Bengkalis meninggal akibat virus HIV/AIDS dalam kurun waktu 2010 sampai Oktober 2017. Khusus untuk tahun ini, 7 orang yang meninggal.

Dari data itu, Kecamatan Mandau terbanyak yakni 27 orang. Disusul Pinggir 9 orang, Rupat Utara 8 orang, Bengkalis 6 orang, Rupat 4 orang dan sumber lain 7 orang. Sementara tiga kecamatan lain Bantan, Bukit Batu dan Siak Kecil nihil.

Sekretaris KPA Kabupaten Bengkalis, Ismail Mahyudin mengungkapkan, angka kematian akibat HIV/AIDS itu berdasar data yang didapat pihaknya dari sejumlah sumber.

"Jumlah kasus HIV dan AIDS itu dari tahun 2010 sampai 2017 tercatat 470 orang, 57 diantaranya meninggal dunia. Khusus tahun 2017 ini ada 7 orang meninggal, Bengkalis 1 Mandau 6 orang, seluruhnya laki-laki," jelasnya, Rabu (27/12/2017).

Disebutkan Ismail Mahyudin, kasus HIV/AIDS cenderung meningkat di Bengkalis. Penyakit ini katanya, seperti fenomena gunung es. "Seratus orang misalnya yang tidak terdata menyebar ke orang yang tidak kita ketahui. Ditambah penderita tertutup tidak mau berkonsultasi," katanya.

Guna menekan angka HIV/AIDS terus meningkat, KPA berencana akan gencar melakukan sosialisasi tahun 2018 mendatang. Selain itu, KPA akan membentuk relawan di setiap desa. *** #BENGKALIS