PEKANBARU - Dari total 13 anggota DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Riau, hanya lima orang yang menghadiri acara silaturrahmi bersama Gubernur Riau, Wakil Gubernur Riau dan Forkopimda di Balai Pauh Janggi, Gedung Daerah Provinsi Riau, Senin (6/1/2020).

Adapun lima wakil rakyat Riau di Senayan yang hadir tersebut, yakni Arsyadjuliandi Rachman (Komisi II/Golkar), Abdul Wahid (Komisi VII/PKB), Achmad (Komisi VIII/Demokrat), Syamsurizal (Komisi II/PPP) serta Syahrul Aidi Maazat (Komisi V/PKS).

"Anggota DPR RI dapil Riau ada 13 orang. Namun tak semua hadir," kata anggota Komisi VIII DPR RI, Achmad, yang juga selaku perwakilan saat memberikan paparan di hadapan Gubri, pejabat Forkopimda dan undangan lainnya.

Menurut mantan Bupati Rokan Hulu ini, banyaknya yang tidak hadir anggota DPR RI asal Riau pada acara silaturahmi ini, karena karena bersamaan dengan jadwal reses. Kesibukan masing-masing wakil rakyat menjadi alasan.

"Tak semua hadir, karena sebagian masih di lapangan bersamaan jadwal reses. Sehingga tak bisa hadir pada kesempatan ini," ujar Achmad.

Ada pun nama-nama wakil rakyat Dapil Riau yang tidak hadir. Yakni, Effendi Sianifar (Komisi IV/PDIP), Chairul Anwar (Komisi VI/PKS), Muhammad Raul (Komisi VIII/Demokrat), Idris Laena (Komisi VI/Golkar), Nurzahedi (Komisi VII/Gerindra), Muhammad Nasir (Komisi VII/Demokrat), Jon Erizal (Komisi XI/PAN).

Dijelaskan Achmad, dari total 13 anggota DPR RI Dapil Riau tersebar di sejumlah komisi, terbanyak di Komisi VII. Namun untuk Komisi I, III, IX dan X justru nihil.

Sementara itu, Arsyadjuliandi Rachman yang juga mantan Gubri menyatakan kehadirannya pada acara silalurahmi di Gedung Daerah ini bersempena dengan kegiatan reses, yang dapat menjadi masukan langsung dari kepala daerah atau perwakilan termasuk tokoh masyatakat yang hadir.

Pria yang akrab disapa Andi Rachman ini juga menyatakan apresiasinya atas hajatan silaturahmi tersebut dalam membangun persepsi untuk Riau. ***