SELATPANJANG - Minggu (28/8/2016) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, diselimuti asap. Padahal, tidak ada terpantau hotspot di kabupaten termuda se Riau itu.

Pantauan GoRiau, sejak Jumat (26/8/2016) asap memang sudah terlibat menebal di Meranti. Bahkan, pada malam hari, asap ini membuat mata menjadi sangat perih.

Minggu siang ini juga masih terlihat asap menyelimuti pulau-pulau di Meranti. Pada siang hari pun terlihat begitu mendung.

Pelaksana tugas Kepala Pelaksana BPBD Kepulauan Meranti M Edy Afrizal SE MM ketika dikonfirmasi GoRiau mengatakan bahwa asap itu merupakan asap kiriman. Minggu (Ahad, red) ini terpantau hotspot di Bengkalis dan Kabupaten Siak.

"Ini asap kiriman. Di Meranti hari ini tak ada hotspot," ujar M Edy Afrizal kepada GoRiau.

Kata Edy juga, jika Minggu malam asap masih tebal, dan besar kemungkinan Senin (29/8/2016) pagi juga akan ada asap akibat Karlahut, mereka berencana akan membagikan masker. Masker-masker itu dikhususkan kepada anak-anak sekolah yang beraktivitas pada pagi hari.

"Kita koordinasi dulu dengan Pemda setempat dan Provinsi Riau. Kalau masih banyak asap kita bagi masker untuk anak sekolah," tambah laki-laki yang akrab dipanggil Panglime Edy itu. ***