BENGKALIS, GORIAU.COM - Dampak kenaikan BBM di Bengkalis, Riau mulai dirasakan. Salah satunya kenaikan tarif berbagai angkutan. Khusus untuk pulau Bengkalis, tarif transportasi laut baik melalui kapal penumpang serta kapal ferry roll on roll off (roro) juga bakal segera naik, walau harga tiket speedboat telah lebih dahulu dinaikan pengelola.

Dari informasi yang diperoleh, harga tiket speedboat jurusan Bengkalis-Pekanbaru mengalami kenaikan hampir 20 persen dari tarif biasanya yaitu Rp 150 ribu perorang. Saat ini harga tiket speedboat berkisar antara Rp 170 ribu hingga Rp 180 ribu. Sedangkan untuk tarif roro Pulau Bengkalis-Sungai Selari kecamatan Bukitbatu baru akan dibahas dalam minggu ini.

Kepala Dinas Perhubungan, Telekomunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Bengkalis, Arman AA yang dihubungi, Minggu (23/6/2013), menyebutkan kalau setakat ini tarif roro belum naik. Harga tiket di roro untuk kendaraan roda empat, truk, roda dua serta penumpang masih mengacu kepada tarif lama yang masih diberlakukan sampai ada keputusan resmi dari Pemkab Bengkalis.

“Saat ini yang baru mengalami kenaikan adalah tarif angkutan speedboat. Saya dapat kabar kenaikannya disesuaikan dengan harga BBM, berkisar sekitar 20 persen. Kita juga sudah memberitahukan kepada pengelola speedboat untuk tidak menaikan tarif diatas 20 persen, sedang tarif roro baru akan dibahas dalam minggu ini,”jelas Arman.

Mantan Kadistamben ini juga mengemukakan bahwa kenaikan tarif angkutan baik laut maupun darat akan disesuaikan dengan keputusan Menteri Perhubungan. Karena sampai sekarang belum ada keputusan resmi dari pemerintah pusat soal kenaikan tarif angkutan yang disesuaikan dengan harga BBM.

Untuk tarif roro menurut Arman, pengelola kapal penyeberangan nantinya akan dipanggil guna merumuskan besaran tarif kenaikan yang akan diberlakukan. Pemkab Bengkalis sendiri soal tarif roro harus campur tangan, karena pengelolaan angkutan roro berada penuh dibawah Dishubkominfo, walaupun pengadaan kapal dilakukan oleh pihak swasta.

“Dalam beberapa hari kedepan sudah ada keputusan resmi soal tarif angkutan laut, baik speedboat maupun roro serta angkutan laut lainnya,”sambung Arman.

Disinggung soal tarif angkutan kota yang ada di Duri, ia meminta supaya kenaikan tarif tidak terlalu menyolok. Pihak Dishubkominfo melalui UPTD Kecamatan Mandau akan memantau kuenaikan tarif angkutan kota di Duri. (jfk)