TEMBILAHAN-Menutup bulan Maret 2018, kebakaran terjadi di tiga kecamatan yang ada di Inhil, yaitu di Kecamatan Kuala Indragiri, Kecamatan Tembilahan dan di Kecamatan Keritang, Sabtu (31/5/2018), akibatnya delapan unit rumah warga ludes dilalap si jago merah.

Kebakaran pertama, terjadi di Jalan Pendidikan, Kelurahan Sapat, Kecamatan Kuala Indragiri, sekira pukul 10.00 WIB, yang menghanguskan satu unit rumah milik Topik Hidayat (42 tahun) dan menyebabkan kerusakan pada atap dan bagian belakang rumah Rustam (45 tahun).

Menjelang sore berakhir, sekira pukul 16.00 WIB, kebakaran juga terjadi di Jalan Harapan 1, Pelita Jaya, Tembilahan Hulu, yang menyebabkan tiga unit rumah milik Harpen (77 tahun), Dedi Guswanto (36 tahun) dan Bulan (41 tahun) rata jadi abu.

Jeda setengah jam, sekira pukul 16.30 WIB, si jago merah kembali mengganas. Kali ini kebakaran terjadi di Jalan Suka Damai, Desa Kotabaru Siberida, Kecamatan Keritang. Peristiwa ini, menyebabkan empat unit rumah, milik Mulyadi (43 tahun), Usman (55 tahun), Maskur (55 tahun) dan Zahari (50 tahun), musnah dilalap api.

Kapolsek Kuala Indragiri, IPTU Martius menjelaskan, kebakaran di Sapat diketahui bermula dari rumah korban Topik yang sedang kosong. Kebakaran yang berlangsung sekitar satu jam lebih, meluluh lantakan rumah Topik.

Upaya dari Personel Polsek Kuindra dan warga sekitar, berhasil menyelamatkan rumah Rustam. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian materil ditaksir sekitar Rp150 juta.

Sementara itu, Kapolsek Tembilahan Hulu AKP A Raymond Tarigan Girsang menuturkan, kebakaran di Jalan Pelita Jaya diketahui mulai membesar dari dapur rumah korban Harpen, yang juga sedang kosong.

Damkar Inhil yang menerjunkan tiga unit mobilnya, Aparat Kepolisian dari Polsek Tembilahan Hulu serta unsur terkait lainnya dan warga sekitar berhasil menjinakan api 20 menit kemudian, namun tiga unit rumah yang terbuat dari kayu, luluh lantak dihajar si jago merah.

"Korban jiwa nihil, kerugian materil masih dihitung oleh korban," ujar AR Tarigan.

Kemudian, Kapolsek Keritang AKP Lassarus Sinaga, api yang menghanguskan 4 unit rumah warga di Jalan Suka Damai Desa Kotabaru Siberida berhasil dipadamkan setelah satu jam aparat berjibaku.

"Tidak ada korban jiwa, dan kerugian materi masih dalam hitungan korban," terang Lassarus.

Hingga kini, penyebab kebakaran di tiga tempat berbeda itu masih dalam penyelidikan Kepolisian Sektor setempat.(ayu)