PEKANBARU - Golden Disc Awards (GDA) ke-36 tahun 2022 telah berlangsung tadi malam, Sabtu (8/1/2022) di Gocheok Sky Dome di Seoul. Acara ini disiarkan lewat saluran JTBC, JTBC2, dan JTBC4.

GDA ke-36 digelar untuk mengapresiasi para penyanyi Korea Selatan yang telah merilis lagu ataupun album antara November 2020 hingga pertengahan November 2021 dan memenuhi syarat untuk dinominasikan tahun ini. Termasuk, musik yang dikecualikan dari nominasi tahun lalu.

Nominasi untuk kategori utama didasarkan pada ukuran kuantitatif seperti jumlah streaming dan penjualan album.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Golden Disc Awards berlangsung selama dua hari, dibagi menurut divisi Album dan Digital Song.

Tahun ini, seluruh upacara diadakan pada satu hari untuk mematuhi peraturan social distancing. Tidak ada penonton yang hadir dan acara ini sudah direkam sebelumnya.

Selama 5 tahun berturut-turut, BTS memenangkan Album of the Year (Disc Daesang), sementara IU memenangkan Digital Song of the Year (Digital Daesang) untuk tahun kedua berturut-turut.

Adapun, pemenang akhir dipilih 60 persen berdasarkan penjualan yang dihitung hingga pertengahan Desember 2021.

Kemudian, 40 persen berdasarkan penilaian oleh panel juri, yang terdiri dari 50 pakar industri termasuk jurnalis musik, direktur produksi program musik, kritikus musik, perwakilan distribusi musik, dan panitia pelaksana upacara.

Untuk penghargaan divisi album, hanya album dengan setidaknya enam lagu baru (tidak termasuk intro, outro, dan instrumental) yang memenuhi syarat.

Kemudian, original soundtrack (OST ) dan lagu proyek dari program TV juga tidak bisa dimasukkan ke dalam nominasi.

Lalu, kategori Rookie Artist of the Year dipilih 30 persen berdasarkan penjualan lagu digital, 30 persen berdasarkan penjualan album fisik, dan 40 persen berdasarkan penilaian oleh panel ahli.

Kemudian, pemungutan suara hanya akan tersedia untuk Popularity Award, yang akan 100 persen ditentukan oleh voting penggemar.

Sederet line up Golden Disc Awards 2022 di antaranya adalah aespa, ENHYPEN, THE BOYZ, BTS, Brave Girls, Lee Mujin, Lim Young Woong, Jeon Somi, STAYC, Stray Kids, Big Mama, SEVENTEEN, IU, Oh My Girl, TXT, dan Heize.

Adapun, Winter aespa tidak hadir di pertunjukan langsung karena masalah kesehatan tetapi dia hadir untuk penampilan pra-recorded aespa.

Sedangkan, BTS yang sedang dalam masa istirahat yang panjang hanya menampilkan cuplikan eksklusif dari konser mereka di Los Angeles untuk pertama kalinya di TV.

Sementara, berikut ini adalah daftar lengkap pemenang Golden Disc Awards 2022, seperti dikutip Soompi.

Digital Song of the Year (Daesang): IU

Album of the Year (Daesang):BTS

Digital Song Division Bonsang:LeeMujin, STAYC, Oh My Girl, AKMU, Heize, aespa, IU, BTS

Album Division Bonsang:TXT, ENHYPEN, IU, NCTDREAM, StrayKids, NCT 127, SEVENTEEN, BTS

Artist of the Year:aespa

seezn Golden Disc Popularity Award:BTS

Cosmopolitan Artist Award:SEVENTEEN, aespa

Best Solo Artist: LimYoungWoong

Best Performance: THEBOYZ, JeonSomi

Best Group: BraveGirls

Best Rookie Artist: STAYC, aespa. ***