PEKANBARU- Fakultas Pertanian Universitas Riau (Unri) melaksanakan penandatanganan kontrak kerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Riau, sekaligus pelepasan perdana produk Biotrikom Fakultas Pertanian Unri di UPT Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Unri, Kamis (21/10/2021).

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni, Shorea Khaswarina, SP, MP, mengatakan kerjasama ini nantinya diharapkan bisa menguntungkan kedua belah pihak.

Selain dengan Kadin, kata Shorea, pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak seperti dengan Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), kemudian dengan Yayasan Insan Amanah Riau dalam rangka mengembangkan comunity unggulan sereh wangi serta Webinar Kewirausahaan dari PT. Madani Sarana.

"Selain itu juga kita juga ada beberapa kerjasama dengan Balai Penelitian Pertanian. Insyaallah kerjasama ini akan selalu kita kembangkan," kata Shorea.

Dekan Fakultas Pertanian Unri Dr Agus Sutikno, SP.,MSi, dalam sambutannya mengatakan adapun kerjasama yang digelar hari ini adalah kalobarasi dengan kadin untuk menciptakan wirausahawan muda di Unri khususnya di bidang Pertanian.

"Harapannya setelah adanya kerjasama ini dalam waktu 1 -2 tahun ini kita bisa menciptakan wirausaha-wirausaha muda yang unggul kedepannya yang ada di Fakultas Pertanian Unri ini," katanya.

Disampaikan Agus, dalam acara pelepasan perdana pupuk Kompos Biotrikom hasil kerjasama FP Unri dengan KUD Manunggal Sakti dari Kabupaten Siak, diharapkan bisa menjadi start up bagi kelompok usaha mahasiswa.

"Jadi, yang mengerjakan pupuk kompos ini adalah kelompok usaha mahasiswa Bikom FP Unri dan ini merupakan hak paten dari dosen kita Dr. Ir. Fifi Puspita, MP yang juga langsung membina kelompok mahasiswa bersama dengan Dr. Amrul Khoiri, SP., MP," jelasnya. ***