BAGANSIAPIAPI - Meraih juara pertama dalam ajang pemilihan Duta Wisata Riau tahun 2016, Bripda Indah Risma Fitria, bukan tanpa perjuangan. Bahkan menurut pengakuan Kapolres Rokan Hilir, AKBP Henry Posma Lubis,S.Ik, dirinya memberikan instruksi kepada bawahannya untuk memberikan dukungan dengan mengirimkan sebanyak 350 sms setiap usai upacara agar Indah menang. Bukan hanya itu, Indah yang merupakan anak penghulu Lenggadai Hulu Sugeng Eko S tersebut, diberikan amanah untuk mempromosikan objek wisata di Rohil dan jangan sampai lupa tugas-tugas kepolisian.

''Kebetulan Indah bekerja di bagian Humas Polres Rohil. Sebenarnya ada tiga Polwan yang kita ikutkan. Namun terlintas dalam benak saya apakah ajang ini hanya ajang kecantikan yang berkonotasi negatif atau bertolak belakang dengan institusi,'' ujar Kapolres kepada GoRiau.com, Kamis (1/12/2016).

Namun karena perjuangan Indah begitu luar biasa yang dimulai dari audisi tingkat kabupaten, katanya, akhirnya hatinya merasa luluh dan memberikan izin kepada Indah tapi dengan catatan, harus menjaga nama baik institusi Polri.

Menurut keterangan Posma, selain Indah, Polwan yang mendapat kesempatan untuk ikut audisi yakni Dian dan Emi. Apalagi, ajang ini didukung dengan kebudayaan lokal serta penampilan yang sopan. Tolok ukur kemampuan akademik, pengetahun umum serta pengetahuan wisata di Rokan Hilir, juga mendapat perhatian.

"Saya pikir ini masuk akal, makanya saya berikan izin sampai tingkat Provinsi. Saya hanya berpesan kepada Indah agar menjadi terbaik di Riau serta dapat menjalankan amanah untuk mempromosikan objek wisata di Rohil. Tugas-tugas dikepolisian juga jangan dilupakan,'' ujarnya.

Tidak hanya Kapolres, Bupati Rokan Hilir, Suyatno juga memberikan apresiasi atas prestasi putra-putri Rohil ditingkat provinsi. Bahkan, Bupati mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada donatur yang telah mensukseskan pertandingan itu. Terutama kepada atlit bola voli yang mendapatkan juara pertama tingkat provinsi setelah menumbangkan tim bola voli asal Inhil.

''Ini saya dapat laporan kalau dana keberangkatan dari donatur, saya pikir kedepan acara-acara seperti ini harus dibantu Pemda dalam hal ini melalui KONI karena mereka berangkat membawa nama Rohil. Jika perlu, tahun depan kejurda bolavoli diadakan di Rokan Hilir,'' kata Bupati.

Indah Risma Fitria yang dinobatkan menjadi Dara Riau 2016 bersama Rio Sahera Kategori Persahabatan diarak keliling kota Bagansiapiapi. Bersamanya, ada atlet Volly Ball Rohil yang berhasil menjadi juara dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) se-Provinsi Riau. Walaupun dalam suasana gerimis, tidak menyurutkan semangat rombongan yang membawa Indah dan Rio yang mengenakan gaun hijau serta trophy kemenangan.

Hadir dalam acara tersebut, ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) H.Muktar Lutvie, Kapolres Rohil AKBP Henry Posma Lubis, SIK, Plt Sekda Drs, Surya Arfan, Bupati Rohil H.Suyatno, Wabup Drs Jamiluddin, Anggota DPRD Tatang Hartono, Dandim 0321 Rohil Letkol Arh Bambang Suksiworo, Ketua KONI Asrul M Noor serta sejumlah pejabat Rohil. ***