PANGKALAN KERINCI – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) terus mengupayakan vaksinasi hewan yang rentan terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK), khususnya pada ternak sapi.

Tercatat tim vaksinator telah menyuntikkan sebanyak 2.390 dosis vaksin PMK, meliputi dosis I dan dosis II atau booster, data per 15 Agustus 2022.

Kepala Disbunak Kabupaten Pelalawan, Akhtar, SE kepada GoRiau.com, Jumat (19/8/2022) menyebutkan, vaksinasi PMK baru diberikan kepada hewan ternak sapi.

Percepatan vaksinasi PMK ternak terus digesa pada sentra-sentra peternakan yang ada. Vaksinasi dilaksanakan di sejumlah wilayah kecamatan.

Diantaranya Kecamatan di Ukui, Kecamatan Kerumutan, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kecamatan Pangkalan Lesung dan Kecamatan Langgam.

"Untuk vaksin PMK dosis I sebanyak 1.795 dosis. Sedangkan untuk dosis booster sudah 595 dosis. Jadi totalnya 1990 dosis yang telah disuntikkan," sebut Akhtar.

Diberitakan sebelumnya, penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak di Kabupaten Pelalawan, mencapai 126 kasus.

Disbunak Pelalawan mengklaim, meski angka kasus mencapai 126 kasus namun dibarengi dengan angka kesembuhan yang tinggi.***