PEKANBARU - Guna mencegah kasus impor Covid-19 ke Provinsi Riau, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menyurati Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, agar melakukan swab antigen ulang bagi penumpang pesawat yang berasal dari Pulau Jawa.

GoRiau
"Benar, surat pak gubernur terkait swab ulang bagi penumpang dari Pulau Jawa dan sekitarnya telah kita terima. Tentunya, PT AP 2 sangat mendukung implementasi surat gubernur tersebut. Allhamdulillah, hari ini pelaksanaan swab ulang sudah terimplementasi dengan baik," kata Executive GM Bandara SSK II Pekanbaru, Yogi Prastyo di Pekanbaru, Jumat (25/6/2021).

Sesuai arahan Gubri, kata Yogi, apabila terdapat penumpang dengan hasil swab antigen positif maka akan dilanjutkan dengan pemeriksaan PCR (Polymerase Chain Reaction) di Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Sedangkan bagi penumpang yang negatif akan dipersilakan melanjutkan perjalanan.

"Sejauh ini dari penumpang yang di test hasilnya negatif semuanya. Alhamdulillah," sebutnya.

Kemudian, demi kelancaran pemeriksaan swab antigen ulang di bandara ini, Yogi pun berkoordinasikan dengan instansi terkait, diantaranya Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Diskes Kota Pekanbaru, Polresta Pekanbaru, Lanud Roesmin Noerjadin, KKP dan airlines.

"Hari ini juga sudah dilaksanakan kunjungan langsung Gubernur Riau dan Kapolda Riau. Secara umum, pak gubernur dan kapolda mengapresiasi upaya seluruh stakeholder bandara dan AP2 dalam mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 tersebut," ungkapnya. ***