PEKANBARU - Sinergi antara Pemerintah Provinsi Riau dengan Pemerintah Kabupaten Kota, terus terjalin dengan baik selama kepemimpinan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, yang saat ini kembali maju sebagai calon Gubernur Riau perioden 2019-2024 dengan nomor urut 4.

Termasuk bagi Kabupaten Indragiri Hilir, Pemprov Riau telah mengucurkan Anggaran Pendapatan Belanja Daera (APBD) Riau sebesar Rp1,8 Triliun. Dan anggaran ini digunakan untuk membangun infrasatruktur jalan, jembatan dan lainnya sejak tahun 2014 hingga tahun 2017.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Indragiri Hilir, yang juga calon Bupati Inhil, kepada ratusan masyarakat Kecamatan Batang Tuaka, Inhil, Senin (26/3), saat kampanye dialogis bersama calon Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, dan calon Wakil Bupati Inhil Samsudin Uti.

"Baru disaat kepemimpinan Andi Rahman bantuan dari Provinsi ke Kabupaten paling besar. Untuk bantuan langusung dan tidak langsung. Bapak-bapak dan ibu-ibu sudah merasakannya dan ada bukti nyatanya. Ini karena terjalin sinergi yang baik antara Pemkab dan Pemprov," kata HM Wardan.

"Saya bersama pak Andi juga telah membuat program untuk pembangunan 20 tahun kedepan. Disaat yang lain baru menyusun kita sudah menjalankannya. Begitu juga dangan pak Andi Rahman, empat tahun kepemimpinan jalan dan jembatan sudah dibangun. Perlu dilanjutkan pembangunan yang sudah dijalankan ini," tambah Wardan.

Sementara itu, calon Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, menyampaikan kepada masyarakat, selama ia memimpin Riau sudah berulang kali datang ke Riau untuk memastikan pembangunan yang dijalankan dengan anggaran dari APBD Riau.

"Anggaran besar sudah dikucurkan ke Inhil, dan saya tidak pernah berjanji di Inhil ini. Tapi saya berikan anggaran yang besar karena Inhil memang perlu perhatian agar perekonomian berjalan dengan baik," kata Andi Rahman.

"Menjalin komunikasi yang baik dengan Kabupaten Kota, perlu di jaga, ada juga Bupati yang jarang komunikasi selain itu juga jarang ditempat, yah kena tinggal," tegas Andi Rahman.

Terpisah, warga Batang Tuaka, kepada calon Gubernur Riau, tidak banyak yang diminta hanya mengharapkan kembali melanjutkan pembangunan yang telah mereka rasakan. Mimpi mereka yang selama ini menginginkan jalan sudah dibangun berkata kerjasama Pemprov dan Pemkab.

"Jalan kami sudah diselesaikan, ada rumah layak huni, pendidikan. Sekarang ini kami menginginkan apa yang sudah dikejakan dilanjutkan. Mimpi kami sudah terwujud, sekarang kami ingin ada yang lain keinginan kami," kata tokoh masyarakat Zainal.

"Kami butuh ambulan, kami juga ada lahan untuk lapangan sepakbola dan untik olahraga lainnya. Jakan juga memang masih ada yang perlu di rigit. Tentu kami berdoa di kepemimpinann bapak bisa dilanjutkan pembangunan ini," tambahnya. (rls)