BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong, Minggu (15/5/2022) meresmikan mesjid Al Falah, Rantau Panjang Kanan, Kecamatan Kubu. Pada hari yang sama, bupati juga mengunjungi Mesjid Syuhada di Teluk Merbau Kuala Kubu yang merupakan mesjid tertua di Kubu.

''Alhamdulillah, mesjid ini sudah bisa digunakan. Arsitekturnya bagus dan mudah-mudahan jamaah bisa memanfaatkan mesjid ini dengan baik untuk beribadah dan juga melakukan aktifitas keagamaan. Ini merupakan bukti bahwa kesadaran beragama di Rohil tinggi karena mesjid ini dibangun secara swadaya masyarakat serta wakaf dari warga yang berdomisili di Malaysia,'' ujar Afrizal Sintong dengan bangga. 

GoRiau

Afrizal Sintong juga mengatakan bahwa Pemkab Rokan Hilir tetap akan mengalokasikan dana hibah untuk memakmurkan mesjid, namun karena adanya beberapa peraturan, maka saat ini, dana hibah tersebut harus melalui pembahasan di DPRD termasuk juga untuk dana operasional.

''Khusus untuk Mesjid Al Falah, saya mengapresiasi usaha masyarakat Rantau Panjang Kanan yang secara bersama-sama membangun mesjid ini. Apalagi mesjid ini berdiri di aras lahan waqaf masyarakat Rantau Panjang Kanan yang berdomisili di Malaysia dan donasi masyarakat,'' ucap Afrizal Sintong. 

GoRiau

Pada kesempatan itu, bupati juga meminta warga untuk selalu menjaga tradisi dan kultur untuk memakmurkan masjid sebagai tempat pemersatu umat. "Atas nama pemerintah kabupaten, saya mengapresiasi panitia pembangunan mesjid yang sudah bekerja keras sehingga mesjid ini bisa berdiri megah. Dan jangan lupa sesama pengurus dan jamaah untuk tetap menjalin silaturahmi yang baik,'' tutupnya.

Usai meresmikan Mesjid Al Falah, Bupati Rohil dan rombongan menyempatkan diri mengunjungi Mesjid Syuhada di Teluk Merbau Kuala Kubu.

Senin (16/5/2022), di tempat terpisah, beberapa orang tokoh masyarakat Kubu menyebutkan, Mesjid Syuhada merupakan mesjid tertua dan dibangun setengah abad lalu. "Menurut catatan, Mesjid Syuhada dibangun Tahun 1970 lalu dengan gaya arsitektur khas tamadun Melayu Kubu," ucal Buyung (72) kepada reporter media ini. (advertorial)