TEMBILAHAN- Jika Indonesia menargetkan pada 2020 sudah bebas katarak, Bupati Inhil, HM Wardan menginginkan setahun sebelumnya Inhil sudah harus lebih dahulu terbebas dari penyakit yang menyerang indra penglihatan itu.

''Kalau Indonesia bebas katarak tahun 2020, kita tahun 2019 sudah harus terwujud,'' ujar Bupati saat operasi katarak dan bibir sumbing gratis di RSUD Puri Husada Tembilahan, Rabu (26/10/2016).

Untuk mewujudkan itu, bukan hal yang sulit jika semua pihak bekerjasama. Dikatakan Bupati semua bisa terwujud jika ada niat sungguh-sungguh.

Baca Juga: Tekan Jumlah Kebutaan dan Kembalikan Produktivitas, BCA dan SPBK-Perdami Adakan Operasi Katarak Gratis di Inhil

''Semua pihak harus bersinergi untuk mensuport ini agar terealisasi,'' sebut Bupati.

Ia pun meminta kepada seluruh unsur pemerintahan, dari tingkat RT hingga kecamatan agar melakukan pendataan jumlah penderita katarak disetiap wilayah masing-masing.

''Mari kita betul-betul melakukan pendataan, berapa jumlah masyarakat kita yang kondisi saat ini yang terkena katarak termasuk bibir sumbing sehingga kita bisa memberikan pengobatan tanpa ada yang terlewati,'' tukas HM Wardan.adv#INHIL