BENGKALIS – Bupati Bengkalis, Kasmarni membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) di Balai Kerapatan Wisma Sri Mahkota Bengkalis, Kamis (16/3/2023).

Bupati Kasmarni mengatakan penyusunan RKPD tahun 2024 merupakan momentum yang sangat penting mengingat forum yang dilaksanakan merupakan tahun perencanaan ketiga perjalanan rencana pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Bengkalis 2021-2026. [IMAGE-1]

"Kami berharap momentum yang dilaksanakan sebagai landasan yang kuat dalam menyusun perencanaan pembangunan untuk rencana pembangunan jangka pendek, akan tetapi kita bisa meletakkan dasar pembangunan yang kokoh dan berkelanjutan dengan pusat maupun provinsi," kata Bupati Kasmarni didampingi Wabup Bagus.

Kasmarni menambahkan tahun ketiga priodesasi RPJMD pembangunan Kabupaten Bengkalis akan difokuskan kepada kebijakan yang mendukung pemulihan dan peningkatan yang mencakup dua prioritas yakni pengembangan potensi wilayah perbatasan dan pembangunan lokus pembangunan kawasan.

Bupati menjelaskan saat ini sedang memasuki dinamika pembangunan yang cukup kompleks dampak dari globalisasi, dilain pihak terbatasnya sumberdaya pembangunan khususnya terbatasnya anggaran yang akan mengakibatkan pelaksanaan program unggulan yang telah disusun dengan baik."Untuk itu sangat diperlukan adanya penajaman program pembangunan pemilihan prioritas yang sangat urgen dalam merumuskan dan menjadikan program pembangunan yang mendasar," ujarnya.

Pada kesempatan itu Bupati Kasmarni juga menyerahkan penghargaan kepada perangkat daerah enam pelayanan publik yakni, Dinas Sosial, UPT Puskesmas Selatbaru, DPMPTSP, Disdukcapil, UPT Puskesmas Bengkalis dan Dinas Pendidikan.

Ikut mendampingi Bupati Kasmarni. Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso, Plt Sekda dr. Ersan Saputra, Kepala Bappeda Rinto, Anggota DPRD Sofyan, Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau Emri Juli Harnis, Kepala Perangkat Daerah, Camat se-Kabupaten Bengkalis serta tamu undangan lainnya.

Expo Ekonomi Kreatif

Usai membuka Musrenbang, Bupati bersama Wakil membuka Expo Ekonomi Kreatif Pesona Bermasa 2023 yang digelar di halaman Wisma Daerah Sri Mahkota Bengkalis. Pembukaan Expo ekraf tersebut ditandai dengan penyerahan cenderamata miniatur gambus dari Kepala Desa Meskom Usman dan pengguntingan pita.

Expo Ekonomi Kreatif sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Musrenbang Kolaborasi dan Wisma Daerah Sebagai Rumah Aspirasi tersebut yang ditaja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bengkalis berkolaborasi bersama Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs).

Bupati bersama Wakil berharap ekraf pesona Bermasa mampu memberikan dampak yang besar kepada masyarakat yang terlibat pada industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kami berharap, expo yang dilaksanakan dapat menjadi sarana untuk membangun sinergi dalam menyukseskan berbagai program pembangunan, khususnya dalam memajukan serta mengembangkan ekonomi kreatif yang ada di negeri junjungan" ujar Kasmarni.

Saat ini produk dan pelaku ekonomi keratif tambah Kasmarni sudah mulai berkembang pesat di negeri ini, pelaku usaha ekonomi kreatif juga telah berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan dunia usaha serta siap bersaing baik dari sisi produk maupun kualitas. ***