BENGKALIS -Bupati Bengkalis, Amril Mukminin bersama istri Kasmarni dan bersama rombongan menziarahi ke sejumlah makam pahlawan diantaranya Makam Pahlawan Kusuma Ksatria di Jalan Air Putih Bengkalis, Makam Panglima Minal dan Makam Dara Sembilan, Rabu (31/72019). Ziarah dilaksanakan sempena Hari Jadi ke-507 Bengkalis.

Ziarah diawali di Makam Pahlawan Kusuma Ksatria dengan rangkaian kegiatan, penghormatan kepada arwah pahlawan, peletakan karangan bunga dan tabur bunga oleh Bupati Bengkalis bersama rombongan, kemudian dilanjut menuju ke Makam Panglima Minal dan Makam Dara Sembilan.

Usai menziarahi Makam Dara Sembilan, Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Bustami HY para rombongan melanjutkan ziarah ke Makam Datuk Laksamana Raja Dilaut di Desa Suka Jadi, Kecamatan Bukit Batu.

"Melalui kegiatan ziarah ini, kami mengajak kepada seluruh jajaran dan masyarakat Kabupaten Bengkalis agar senantiasa menjaga dan kelestarian situs sejarah yang ada di Kabupaten Bengkalis, karena perilaku seperti itu merupakan salah satu upaya kita menghargai jasa para tokoh pahlawan yang telah berjasa di Negeri Junjungan ini,'' kata Amril saat melakukan ziarah di sejumlah makam pahlawan.

Sambung Amril, kegiatan ziarah yang dilaksanakan setiap tahun ini, diharapkan dapat dipertahankan sepajang masa, sehingga para penerus generasi muda di Kabupaten Bengkalis mengerti bahwa Bengkalis mempunyai tokoh-tokoh pahlawan yang harus dihormati serta tidak boleh dilupakan.

''Dengan adanya perjuangan para tokoh pahlawan terdahulu , hari ini dapat kita rasakan nikmatnya bersama, untuk itu kepada kita semua terutama generasi muda diharapkan agar dapat mengambil hikmah dari perjuangan tersebut, salah satu hikmah dimaksud yaitu kita dituntut untuk menjaga serta memajukan Kabupaten Bengkalis disegala aspek," harap Amril.

Di sejumlah tempat makam pahlawan, Bupati Bengkalis menyerahkan santunan kepada ahli waris.

Sejumlah Rangkaian TradisiSetelah menziarahi Makam Dara Sembilan, Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah H. Bustami HY beserta rombongan melanjutkan ziarah ke Makam Datuk Laksamana Raja Dilaut dengan mengunakan Kapal Elang Laut, Pemdalis 05 dan Kapal Basarnas Bengkalis.

Sesampai di pelabuhan Sekda Bengkalis disambut Camat Bukit, kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat Bukit Batu.

Sekda bersama istri langsung ditepuk tepung tawar dan dilanjut kenduri di dalam kapal, dimana kapal tersebut dihias seperti pada acara umumnya. Kegiatan tradisi tahunan itu atau disebut Jajap menjadi tonton masyarakat Bukit Batu dan sekitarnya.

Sambil menyantap makanan di dalam kapal, Sekda Bengkalis bersama rombongan dan masyarakat bergerak menuju ke Makam Datuk Laksamana Raja Dilaut mengunakan kapal kayu yang sudah dihias.

Sebelum melakukan ziarah di Makam Datuk Laksamana Raja Dilaut, Sekda Bengkalis dan para rombongan terlebih dahulu melaksanakan salat Zuhur berjamaah di Masjid Jami Al-Haq Datuk Laksamana Raja Dilaut Desa Suka Jadi Kecamatan Bukit Batu.

Setelah itu dilanjutkan ziarah dan doa bersama di Makam Datuk Laksamana Raja Dilaut. Kemudian Sekda Bengkalis beserta rombongan menuju ketempat acara dan makan siang bersama.

''Sempena hari jadi Bengkalis, ada beberapa pesan moral dan hikmah yang ingin terus kita petik melalui kegiatan ziarah ini, salah satu diantaranya agar kita senantiasa mendoakan serta menghormati para pejuang dan pahlawan kita, utamanya mereka-mereka yang telah turut berjasa di dalam memajukan Bengkalis yang saat ini berada ditempat peristirahatan terakhirnya,'' kata Bupati Bengkalis dalam sambutan yang dibaca Sekretaris Daerah H Bustami HY.***