RENGAT – Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Riau, Rezita Meylani Yopi, mengapresiasi aksi Corporate Social Responsibility PT Perkebunan Nusantara V di daerahnya. Hal tersebut disampaikannya saat menerima penyerahan bantuan CSR dari Perusahaan untuk selanjutnya disalurkan ke masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah operasional korporasi di Indragiri Hulu, beberapa waktu lalu.

“CSR PTPN V ini patut diapresiasi. Sepanjang untuk membangun kemajuan daerah menjadi lebih baik pasti kita dukung,” sebut Rezita

“Terimakasih kepada PTPN V yang telah menyalurkan kewajibannya sebagai wujud dukungan kemajuan pembangunan daerah seperti, bidang sosial, Infrastruktur, pendidikan serta keagamaan. PTPN V ini bisa menjadi contoh bagi perusahaan yang tumbuh berkembang bersama masyarakat,” tambahnya lagi.

Penyerahan CSR oleh perusahaan perkebunan negara di Riau itu sendiri dilakukan dalam serangkaian peringati hari ulang tahun Kementerian BUMN ke 25 tahun, yang dilaksanakan di Kecamatan Sungai Lala, tepatnya halaman Paud Sakura, Desa Sungai Lala, akhir Februari lalu.

Beragam bantuan diserahkan PTPN V seperti 2 unit mobil ambulance, 10 kolam ikan permanen program peningkatan gizi dalam rangka penurunan stunting, bantuan modal kelompok ternak ayam telur, biaya rehab masjid, bantuan unit computer kantor hingga bantuan atas pelaksanaan MTQ dinilai Rezita sebagai wujud komitmen PTPN V untuk membangun masyarakat di wilayahnya.

Ditambah bantuan pembangunan kolam ternak ikan, menurut Bupati perempuan termuda di Indonesia tersebut, hal ini sejalan dengan program Pemda Inhu guna meningkatkan pendapatan masyarakat yang dapat membantu membiayai program pengentasan stunting.

“Kolaborasi PTPN V dengan pemerintah ini tentunya dapat menurunkan grafik stunting demi melahirkan SDM generasi yang sehat dimasa depan,” tukasnya.

Lain lagi kebahagiaan masyarakat di Kecamatan Sei Lala dan Kecamatan Peranap yang masing-masing menerima mobil ambulance. Junaidi, Kepala Desa Baturijal Hi Kecamatan Peranap tidak dapat menyembunyikan rasa harusnya atas Ambulance yang sudah sekian lama mereka harapkan.

“Ada 12 Desa di Kecamatan Peranap. Tapi ambulance cuma ada 1. Mobil (Ambulance) ini pastinya akan sangat membantu dan kami hanya bisa mendoakan balasan yang terbaik untuk PTPN V,” ungkap Junaidi.

Terpisah, Chief Executive Officer PTPN V Jatmiko Santosa dalam keterangan tertulisnya menyampaikan untuk Indragiri Hulu, PTPN V selama 4 tahun terakhir telah menyalurkan lebih dari Rp4 miliar baik dalam bentuk hibah maupun bantuan pendanaan usaha mikro kecil.

Menurutnya, sebagai perkebunan negara, keberadaan PTPN V tidak hanya sebatas menggali produksi dan mencapai target sebaik-baiknya di area kerja Perusahaan.

“Lebih dari pada itu, kami juga harus menjadi katalisator ekonomi dan memberi nilai manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan melalui tanggung jawab sosial lingkungan yang kami jalankan,” kata Jatmiko.

“Untuk itu kami sangat berterimakasih kepada Pemda Inhu yang selalu bersinergi dan mendukung kami dalam tujuan yang sama, membawa kemajuan bagi semua,” pungkasnya. ***