PEKANBARU - Peristiwa Jalan Nasional Pusako - Buton di Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, yang putus tadi malam sekitar pukul 20.30 WIB, Rabu (6/11/2019) disebabkan adanya pergerakan bumi yang bergerak seperti ular. Akibatnya, jalan bagian tengah hingga badan jalan terhisap masuk ke dalam.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Siak, Arief Fadilah saat dihubungi GoRiau.com, Kamis (7/11/2019). Setelah jalan terhisap masuk, tiba-tiba muncul tanah gambut dari dalam ke atas permukaan.

"Itu cerita sopir truk tronton pengangkut cangkang, yang truknya terhisap masuk ke dalam jalan. Lalu, tiba-tiba tanah gambut yang ada di bawah muncul ke atas permukaan. Ini merupakan bencana alam, yang tidak kita inginkan," kata Arief.

Lokasi jalan yang terhisap masuk, dikatakan Arief, sekitar 200 meter dari Simpang Pusako. Saat ini pihaknya bersama instansi terkait dan kepolisian, berupaya membuat jalan darurat yang hanya bisa dilewati kendaraan kecil.

"Untuk kendaraan kecil, seperti mobil pribadi kita sarankan melintas melalui Kecamatan Sungai Apit," jelas Arief.

Upaya perbaikan sedang dilakukan Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kabupaten Siak, serta Kementerian PUPR, juga Polres Siak. ***