SELATPANJANG - Asisten III Setdakab Kepulauan Meranti, H Rosdaner mengajak masyarakat untuk meningkatkan silaturahmi dan kecintaan kepada Alquran.

Ajakan itu disampaikannya saat membuka secara resmi kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Kecamatan Tebingtinggi ke-XII Tahun 2020, dalam rangka menciptakan generasi qurani dan seleksi qori dan qoriah terbaik kecamatan untuk dipersiapkan pada ajang MTQ Kabupaten Kepulauan Meranti, dipusatkan di Masjid Al-Muhtadin, Kelurahan Selatpanjang Timur, Sabtu (30/1/2021) malam.

Diawali dengan pelantikan Dewan Hakim Tilawatil Quran oleh Camat Tebingtinggi, Jhon Hendri, dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir dari Kades Alahair kepada Camat Tebingtinggi untuk diperebutkan pada MTQ Kecamatan Tebingtinggi ke-12 Tahun 2021. 

Dalam sambutannya, Camat Tebingtinggi, Jhon Hendri, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan MTQ Kecamatan Tebingtinggi ke-12 Tahun 2021. Ia pun berharap dalam kegiatan ini terseleksi qori dan qoriah terbaik yang mampu mengharumkan nama Kecamatan Tebingtinggi diajang MTQ tingkat kabupaten yang akan datang dengan meraih juara umum. 

Menyikapi kegiatan tersebut, Asisten III Setdakab Meranti, H Rosdaner menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak kecamatan, LPTQ kecamatan, dan panitia pelaksana atas terselenggaranya MTQ Kecamatan Tebingtinggi yang tetap bersemangat menggelar kegiatan syiar tersebut meskipun di tengah pandemi dan serba keterbatasan.

"Pelaksanaan MTQ kecamatan kali cukup berat akibat berbagai keterbatasan sebagai dampak dari wabah Covid-19 mulai dampak anggaran sampai dampak sosial dimana orang dibatasi oleh protokol kesehatan, terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara ini semoga dapat berjalan dengan aman dan lancar," ujarnya.

Lebih jauh disampaikannya, MTQ kecamatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi yang tersirat dan tersurat dalam Alquran. Meski sedikit berbeda dari tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19 namun  ia berharap tidak mengurangi hakekat dan tujuan pelaksanaan acara MTQ yakni mencintai Alquran dan menjadikannya sebagai pedoman hidup.

"Alquran adalah pedoman hidup, sumber inspirasi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, memberikan petunjuk agar manusia menggunakan akalnya mengungkap rahasia alam untuk kemajuan umat. Semoga dengan acara ini kita dapat terus menggaungkan asma Allah dan negeri kita diberikan rahmat sehingga pandemi ini bisa segera diangkat dari daerah kita," harap Rosdaner.

Selanjutnya, Rosdaner mengingatkan bahwa perlombaan MTQ kecamatan ini tidak menjadi sekedar perlombaan tapi jadikanlah moment itu sebagai pemersatu masyarakat khususnya para peserta perwakilan desa dan kelurahan yang mengikuti lomba. 

"Jadikanlah MTQ ini untuk meningkatkan silahturahmi dan persaudaraan ditengah masyarakat, bukan sebaliknya untuk saling menjatuhkan," ucapnya.

Senada dengan Camat Tebingtinggi, H Rosdaner yang juga Ketua LPTQ Meranti berharap, MTQ kecamatan tahun ini hendaknya dapat menjadi kesempatan terbaik bagi qori-qoriah, hafidz-hafidzah, mufasir-mufasiroh yang handal untuk membuktikan diri dan menjadi yang terbaik.

"Semoga MTQ Kecamatan ini dapat menghasilkan qori dan qoriah terbaik yang nantinya dapat meraih prestasi pada MTQ Tingkat Kabupaten dan provinsi yang akan datang," harapnya.

Terakhir Ketua LPTQ Meranti, H Rosdaner mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa berikhtiar agar Alquran diakrabi, dipelajari, dipahami dan diamalkan. Juga agar tumbuh minat yang tinggi untuk mendalami Alquran sebagai pedoman hidup.

"Semoga MTQ ini tidak semata-mata untuk berlatih dan bertanding membaca Alquran saja tetapi substansinya adalah bagaimana kita mencintai dan menjaga kesucian Alquran diikuti dengan pengamalan nilai-nilai yang terkandung didalamya," pungkasnya.(rls)