PEKANBARU - Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Riau Mardalena Wati Yulia mengatakan pihaknya akan menerjunkan kader atau penyuluh KB untuk menyasar 95.000 keluarga di Kota Pekanbaru guna memperkecil penyebaran COVID-19.

"Para kader tersebut merupakan anggota Tim Bangga Kencana yang telah dibekali beragam persiapan agar mereka bisa mensoalisasikan pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana atau disingkat Bangga Kencana itu," kata Mardalena dalam keterangannya di Pekanbaru, Rabu (28/10/2020).

Menurut dia, program Bangga Kencana, merupakan istilah baru yang sebelumnya adalah Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) milik BKKBN RI agar mudah dipahami di kalangan milenial dan zilenial.

Di tangan kader inilah, katanya, mereka bisa menyukseskan program Bangga Kencana dan juga mengajak masyarakat untuk waspada terhadap penyebaran virus corona itu.

"Semoga apa yang telah mereka terima terkait pembekalan yang telah diberikan dapat diserap dengan baik sehingga dapat menginfokannya secara baik pula kepada masyarakat," katanya.

Kepala Disdalduk-KB Kota Pekanbaru Muhammad Amin mengatakan Tim Bangga Kencana berada di tiap level lapisan masyarakat hingga ke tingkat RW, dengan total kader kini mencapai 375 orang.

Keberadaan mereka adalah tenaga tenaga yang ikhlas selama ini bahu-membahu membantu Pemerintah Kota Pekanbaru namun kini tugas mereka bertambah selain 4M menjadi 4M plus.

"4M plus adalah mendorong masyarakat memakai masker, menjaga jarak fisik yang aman, mencuci tangan, menghindari keramaian dan kehamilan di masa pandemi COVID-19," katanya. ***