PEKANBARU - Jalan lintas Riau-Sumbar yang amblas di kilometer 92-93 Desa Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar ''memakan'' separo lebih badan jalan. Akibatnya, jalur padat itu macet panjang karena ada pengaturan buka tutup untuk kendaraan roda dua dan empat.

''Saya sudah minta kepala balai jalan agar penanganan jalan lintas ini dipercepat, dan sudah bisa fungsional secepat mungkin," kata Gubernur Riau, Syamsuar saat melakukan peninjuan, Rabu (28/10/2020).

Turut mendampingi orang nomor satu di Riau ini, Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi, Danrem 031/WB Brigjen TNI MS Ismed, Danlanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsma Ronny Irianto Moningka, Danlanal Dumai Kolonel (P) Himawan, Sekdakab Kampar Yusri.

Disela-sela kunjungannya, mantan Bupati Siak ini berharap, jalan lintas provinsi yang amblas pagi pukul 10.30 WIB, segera fungsional. Gubri juga langsung meminta kepada balai jalan terkait mempercepat penanganan.

Syamsuar menyatakan kekhawatirannya mengingat kondisi jalan nasional yang amblas ini memakan separuh badan jalan. ''Dengan kondisi ini memang membahayakan, baik arah Pekanbaru maupun dari Sumbar. Karena separuh jalan sudah amblas,'' ujarnya

Diharapkan, dengan percepatan perbaikan, jalan lintas Riau-Sumbar dapat kembali normal agar arus barang dan orang bisa normal seperti semula. (mcr)