PEKANBARU, GORIAU.COM - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), H Arsyadjuliandi Rachman dijadwalkan menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan Konsultasi Nasional (Konas) Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) di Hotel Indrapura, Pekanbaru, Riau, Selasa (24/6/2014) besok.

Ketua Panitia Pelaksana Konas GMKI 2014, Fopin Sinaga, Senin (23/6/2014), mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan protokoler Wagubri. "Sejauh ini belum ada pembatalan, kita berharap Pak Wagub bisa menyempatkan diri hadir sekaligus membuka kegiatan ini," terang Fopin.

Dijelaskan Fopin, usai membuka kegiatan tersebut, Wagubri dijadwalkan memberikan materi sekaligus kepada peserta Konas. Materi yang akan disampaikan terkait kesiapan Sumberdaya Manusia (SDM) Riau dalam menatap Pasar Bebas ASEAN 2015 mendatang.

Selain Wagubri, juga dijadwalkan Walikota Jayapura, Papua, Drs Benhur, Ketua umum PGI Pdt DR Andreas dan peserta diskusi lainnya. Selain itu, Panglima TNI Jendral Moeldoko kemungkinan besar bakal hadir.

Sang Jendral direncanakan usai dari Medan akan berangkat ke Pekanbaru. Wakil Meteri Pendidikan dan Kebudayaan juga direncanakan hadir memberikan materi.

Acara KONAS GMKI 2014 ini akan berakhir pada Sabtu (28/6/2014). Acara sendiri merupakan ajang konsultasi seluruh kader GMKI yang ada di Indonesia. Permasalahan internal GMKI serta eksternal juga akan dibahas dalam acara ini.

Fopin kembali menegaskan acara KONAS ini tidak ada kaitannya dengan acara Pilpres yang saat ini sedang berlangsung. GMKI, katanya, tidak pernah berpolitik praktis.

"Jadi kami pastikan, acara KONAS GMKI 2014 tidak ada unsur kampanye Pilres yang saat ini sedang berlangsung," tegasnya.

Saat ini para peserta KONAS GMKI 2014 sudah memadati hotel Indrapura, lokasi kegiatan. Sekitar 400 peserta yang berasal dari seluruh cabang Indonesai - mulai dari Sabang sampai Merauke - sudah memadati hotel.

Berbagai materi akan diberikan kepada para peserta. Mulai dari permasalahan pertanahan, pendidikan, energi dan juga internal GMKI.(rls)