SELATPANJANG - Hasil ujian Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021 di Kepulauan Meranti, Riau akan diumumkan besok, Jumat (8/10/2021). Pengumuman hasil seleksi kompetensi khusus guru itu bisa diakses secara daring (online) di website resmi Kemendikbud RI yaitu, www.kemdikbud.go.id.

Sebagaimana diungkapkan Pengawas Utama Seleksi PPPK, Safwan Mahendra, bahwa jadwal pengumuman hasil ujian seleksi di Kepulauan Meranti dilakukan serentak.

"Setelah ditunda, informasi yang saya terima dari Ditjen GTK pengumuman kembali direncanakan pada hari Jumat pekan ini. Simak siaran langsungnya melalui website, dan kanal YouTube Kemendikbud RI pada pukul 09.00 WIB pagi," ujar Safwan, Kamis (7/10/2021).

Soal bergesernya jadwal pengumuman tersebut, ia belum bisa memastikan kapan ujian tahap II akan diselenggarakan. Namun dari jadwal sebelumnya jatuh pada 26-27 Oktober 2021.

Sama halnya dengan hasil ujian tahap I lalu, pihaknya belum bisa membeberkan jumlah peserta yang lolos passing grade. Kondisi itu akibat terbenturnya dengan beberapa alasan. 

"Saya data nilai hasil seleksi ada, namun tetap harus dikomparasi dengan Keputusan Menpan-RB Nomor 1127 Tahun 2021. Karena masing-masing jurusan dan mata pelajaran­nya beda-beda,’" tuturnya.

Misalnya, kata dia, jika nilai teknis guru kelas SD yaitu rata-rata 320, namun nanti yang dilihat hanya peserta guru SD yang nilai teknisnya di atas itu. Untuk kelulusan, ada lagi nilai tambahan dari unsur afirmasi. 

"Jadi lulus dan tidak lulusnya tidak bisa ditentukan dari hasil seleksi kemarin aja," sambungnya. 

Dari data yang dihimpun melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Meranti, jumlah peserta yang lolos administrasi sebanyak 552 orang. Untuk ujian tahap I diikuti sebanyak 492 orang. Sebanyak 8 orang lainnya ujian susulan karena reaktif hasil tes antigen. Namun parahnya, dari 552 tersebut, 52 orang di antaranya tidak hadir atau tidak mengikuti ujian sehingga dinyatakan gugur di ujian tahap pertama.***