PAMEKASAN -- Bupati Pamekasan, Jawa Timur, Baddrut Tamam, mendatangi rumah Mainah (71), warga RT 05 RW 05, Kelurahan Barurambat Kota, Selasa (15/6/2021). Baddrut datang bukan menggunakan mobil dinas, melainkan mengendarai sepeda motor.

Dikutip dari Sindonews.com, Baddrut datang sambil membawa rantang berisi makanan. Selanjutnya, Baddrut menyuapkan makanan yang dibawanya kepada wanita lanjut usia (lansia) yang hidup sebatang kara itu.

Pada hari yang sama Bupati Pamekasan itu juga mendatangi rumah Bu Ruk (65) di RT 01 RW 01, Kelurahan Barurambat Kota. Baddrut juga membawa makanan dan menyuapkannya kepada lansia itu.

Bupati yang akrab disapa Mas Tamam itu mendoakan para lansia di Pamekasan senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT.

''Saya merasa seperti ibu sendiri, nyuapin orang sepuh itu bukan hanya sekarang. Terutama kepada umi saya di rumah,'' kata Bupati Pamekasan kepada wartawan.

Kesdatangan Mas Tamam di rumah Mainah (71) dan Bu Ruk (65) mendapat sambutan hangat dari warga, lantaran merupakan bupati pertama di Pamekasan yang datang ke rumah lansia tersebut.

''Mimpi apa tadi malam kamu Bu Ruk kok sampe disuapin Bupati, terimakasih Pak Bupati,'' teriak perempuan paruh baya yang melihat langsung Mas Tamam menyuapkan makanan kepada Bu Ruk.

Baddrut Tamam menuturkan, pihaknya merancang program memberi jatah makan dua kali sehari kepada para lansia tersebut setelah mendapat informasi dari masyarakat tentang banyaknya lansia yang tidak mendapat perhatian dari pemerintah daerah selama ini.

Akhirnya, Pemkab Pamekasan melalui Dinas Sosial mengeluarkan kebijakan program memberi makan lansia setelah sebelumnya melalui verifikasi dan validasi data yang cukup panjang agar bantuan yang diberikan tepat sasaran, sesuai dengan kategori sebagaimana yang termaktub dalam peraturan bupati.

Dalam peraturan itu disebutkan, lansia yang hidup sebatang kara, lansia yang hidup bersama disabilitas tidak produktif dan lansia yang hidup bersama anak tidak produktif, mendapat makanan tambahan yang sehat.

''Nanti akan ada petugas datang ke Bu Ruk ini pagi dan sore pakai rantang isi nasi, ikan dan sayur. Harapan kita juga nanti Bu Ruk mendapat kesehatan dari Allah, panjang umur dan program ini bisa terus berkelanjutan,'' harapnya.

''Ini program luar biasa, makanya saya minta keikhlasan, kesabaran dalam memberikan pelayanan kepada seluruh lansia sebatangkara ini berjalan berpondasikan keikhlasan serta kerja profesional. Kenapa kita perlu ikhlas dan sabar serta profesional? Karena program ini melayani orang harus bersungguh-sungguh,'' tandasnya.

Tahun 2021, ada 400 lansia di 13 kecamatan akan mendapat bantuan makanan sehat dua kali sehari dari pemerintah daerah yang akan diantar oleh petugas dua kali sehari. Terobosan baru Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam itu menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) kabupaten.

Sementara itu, Ketua RT 05 Kelurahan Barurambat Kota, Ahmad Dahlan mengapresiasi kerja Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam melalui program peduli lansia tersebut. Sebab, program itu menunjukkan jika pemerintah daerah peduli terhadap rakyat, terutama lansia.

''Alhamdulillah, memang yang dibantu ini sangat layak,'' pungkasnya.***