JAKARTA - Hari ini, Sabtu (23/5/2020), terkonfirmasi 949 kasus baru positif Covid-19 di Indonesia, sehingga total menjadi 21.745 kasus.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto mengungkapkan data tersebut dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu sore.

''Konfirmasi Covid-19 yang positif sebanyak 949, sehingga totalnya menjadi 21.745,'' ujar Yurianto, seperti dikutip dari Kompas.com.

Dari total 21.745 kasus tersebut, sambung Yurianto, sebanyak 1.351 pasien meninggal dunia.

Sementara penambahan pasien sembuh sebanyak 192 orang, sehingga total jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang sebanyak 5.249 orang.

Yuri menekankan bahwa penularan Covid-19 di Indonesia masih terus terjadi.

Oleh sebab itu, pemerintah meminta masyarakat untuk tetap beraktivitas di rumah, mulai dari belajar, bekerja, hingga beribadah.

Apabila terpaksa keluar rumah, masyarakat diminta menerapkan protokol kesehatan yang ketat, yakni mengenakan masker, mencuci tangan sesering mungkin, menjaga jarak fisik dengan orang lain, dan membersihkan diri setelah bepergian.

''Mari mulai sekarang kita budayakan normal yang baru. Cuci tangan sesering mungkin menggunakan sabun,'' ujar Yurianto.

''Tidak keluar rumah kalau tidak perlu. Kalaupun terpaksa, kenakan masker. Hindari kerumunan, hindari berdesak-desakan. Diatur semua kegiatan kita,'' lanjutnya. ***