PEKANBARU - Sebanyak 4 partai politik baru hari ini, Kamis, (7/1/2018), dinyatakan lulus verifikasi bersamaan dengan 12 partai lainnya dalam rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rekapitulasi Hasil Penelitian Administrasi dan Verifikasi Persyaratan Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019. Dalam rapat tersebut disampaikan, 16 partai telah memenuhi persyaratan verifikasi kepengurusan, keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen, domisili kantor, dan keanggotaan partai politik.

Keempat partai baru itu diantaranya Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Berkarya, Partai Garuda, dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Ketua KPU Amiruddin Sijaya menegaskan selanjutnya pada tanggal 10 Februari 2018, KPU Provinsi mengkonfirmasikan akan merangkum seluruh kabupaten/kota untuk di Plenokan.

"Sekarang ini tanggal 8 kita rapat pleno terkait verifikasi kepengurusan, keterikutan perempuan dan keangotaan, dan kita nyatakan 16 partai ini telah memenuhi persyaratan. Selanjutnya telah dikonfirmasi oleh KPU Provinsi, akan merangkum seluruh kabupaten/kota untuk diplenokan pada tanggal 10 Februari 2018 nanti, jadi hari ini kita hakikatnya hanya menyampaikan saja," ujarnya.

Rapat pleno tersebut dilaksanakan di Hotel Pangeran, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, dihadiri oleh masing-masing anggota partai. Hasil dari rekapitulasi ini kemudian diberikan kepada masing-masing partai politik, Panwas Pekanbaru, KPU Provinsi dan KPU RI.

Sementara itu, dari data yang dirangkum oleh GoRiau.com, verifikasi partai ini telah diwajibkan kepada seluruh partai yang ingin mengikuti pemilu 2019 dan selanjutnya, sesuai dengan PKPU No 6 Tahun 2018. Sedangkan jadwal tahapan dicantumkan dalam PKPU No 5 Tahun 2018 Tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019.

Dari data tersebut, Amiruddin menyatakan jadwal verifikasi partai ditingkat KPU RI selambat-lambatnya akan dilaksanakan pada 17 Februari 2018 mendatang. "Untuk tingkat KPU RI paling lambat akan dilaksanakan tangal 17 Februari 2018," ucapnya. ***