PEKANBARU - Pasangan bakal calon Gubernur Riiau dan Wakil Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman - Suyatno (AYO) rencananya besok, Rabu (10/1/2018) akan mendaftar ke KPU Riau. Pasangan ini akan bertolak KPU Riau sekira ba'da Ashar.

Sekretaris DPD Partai Golkar Riau, Rizaldy AM Abrus mengatakan, bahwa ribuan masyarakat dari berbagai kalangan lintas etnis di Bumi Lancang Kuning akan mengantar pasangan AYO ke KPUD.

Mereka akan mengenakan pakaian adat mewakili masyarakat yang ada di Riau. Mulai dari Melayu, Jawa, Batak, Minang, Banjar dan Bugis.

"Akan ada pawai budaya dan para seniman yang menampilkan tradisi masing masing suku di Riau. Tema kita keberagaman yang relijius," ujarnya di Pekanbaru, Selasa (9/1/2018).

Pasangan AYO akan menumpang becak motor dan diarak mulai dari Kantor DPD Partai Golkar Riau di Jl Diponegoro menuju Kantor KPUD di Jl Gajah Mada, Pekanbaru. Prosesi ini dilakukan paska pasangan ini dan para pendukung melaksanakan Ashar di Mesjid Agung An Nur.

Ada banyak pertunjukan seni tarian dan musik yang ditampilkan saat pawai budaya mengantar pasangan ini mendaftar di KPU. Bahkan ada juga berbalas pantun buka pintu dari tim pasangan AYO dengan KPU Riau sebagai tuan rumah.

"Pastinya, kita akan menampilkan keberagaman masyarakat Riau saat pendaftaran besok," ujarnya.

Sejumlah atraksi seni yang dipertunjukkan tersebut yakni tarian zapin, musik kompang, tabuik dan talempong, pertunjukkan reog serta randai. ***