DURI - Berdasarkan hasil observasi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau wilayah II, penampakan Harimau Sumatera masih sering terlihat oleh warga. Bahkan, ada juga hewan ternak sapi warga yang dimakan oleh harimau Sumatera alias Si Belang, yang kelaparan karena habitatnya sudah mulai berkurang tajam.

"Keberadaan si belang sering terlihat oleh warga di wilayah Kecamatan Bukitbatu (Kabupaten Bengkalis) dan hutan Giam Siak Kecil (Kabupaten Siak Sri Indrapura)," jelas Kabid Wilayah II BBKSDA Riau, Supartono saat dikonfirmasi GoRiau.com, Senin (28/12/2015) sore.

Informasi yang dirangkum BBKSDA Riau, dalam tahun 2015, belum ada warga yang terluka akibat serangan dari si belang. "Kalau hewan ternak yang diserang pernah ada tahun 2015 ini. Lokasinya masuk Kecamatan Bukitbatu, namun nama desanya saya tidak ingat pasti. Hewan yang diserang, yaitu sapi yang terikat sedang mencari makan," katanya.

Harimau Sumatera lebih suka di kawasan hutan yang masih lebat dan tidak terjamah oleh manusia. "Kalau di Kecamatan Mandau masih ada hutan yang seperti itu (hutan lindung, red) bisa saja, harimau Sumatera ada. Tapi bisa juga yang sejenis harimau Sumatera," jelasnya mengakhiri pembicaraan.***