PEKANBARU - Tim BBKSDA Riau masih memantau keberadaan dua ekor Harimau yang sempat dilaporkan oleh Kepala Desa Trimanunggal, Kabupaten Kampar, yang terlihat disalah satu kebun warganya beberapa waktu lalu.

Menurut Kabid Wilayah II BKSDA Riau, Heru Sumantoro, saat dikonfirmasi GoRiau.com, pihaknya belum bisa memastikan apakah dua ekor Harimau tersebut adalah anak harimau atau harimau dewasa.

"Kemarin kita memang dapat laporan dari Kades Trimanunggal, ada dua ekor Harimau. Tetapi video yang dikirimkan tidak jelas, jadi kita belum bisa memastikan apakah itu induk Harimau dengan anaknya, atau anak-anak Harimau. Kita belum tahu, tetapi memang benar Harimaunya ada," jelasnya.

Ia menjelaskan, saat ini timnya sudah turun untuk melakukan pemantauan. Sementara itu, menurut laporan Kades Trimanunggal berikutnya, dua ekor Harimau tersebut sudah dihalau menuju hutan HTI PT Arara Abadi yang memang merupakan habitat Harimau di daerah tersebut.

"Masyarakat disana memang sebelumnya pernah kita sosialisasikan bagaimana penanganan jika berpapasan dengan Harimau. Mereka ternyata dengan sukarela menghalau Harimau menuju hutan industri PT Arara Abadi," paparnya.

"Tapi penghalauan itu juga tidak ada videonya," ucapnya.

Seperti kabar yang beredar sebelumnya, warga Desa Trimanunggal, Kabupaten Kampar sempat dibuat geger dengan keberadaan dua ekor anak Harimau tanpa induknya. Dua ekor Harimau tersebut terlihat bersembunyi di balik pohon oleh warga di areal perkebunan.***