PEKANBARU - Vaksinasi Covid-19 bagi gelombang kedua yang menyasar pejabat dan pekerja dibidang layanan publik, masih berlangsung di Kota Pekanbaru. Vaksinasi ini diperkirakan akan memakan waktu lebih lama dari gelombang pertama.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, M Noer mengatakan, hal ini dikarenakan mayoritas peserta vaksin merupakan kalangan lanjut usia (lansia). Yaitu peserta berusia diatas 60 tahun.

"Gelombang kedua sedang berjalan, kita sudah dapat sekitar 29.700 dosisnya, dan sekitar 24.000 itu pesertanya lansia. Jadi lansiakan sebelumnya tidak bisa vaksin, sekarang sudah bisa," ujarnya, Senin (8/3/2021).

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi dilakukan diberbagai tempat publik. Sehingga sasaran vaksin dapat segera dan lebih mudah untuk mendapatkan vaksinasi, terutama bagi lansia.

"Kita gelar vaksinasi seperti kemarin di kantor wali kota, Kecamatan Tenayan Raya, kemudian di pasar. Vaksinasi juga digelar di puskesmas, ada juga difasilitasi oleh IKPTB di Jalan Riau, dan bisa juga di rumah sakit jika ada lansia yang punya riwayat penyakit dan masih ragu dengan vaksin," ungkapnya.

Noer menjelaskan, vaksinasi gelombang kedua ini terus digesa agar semua dosis dapat segera dipakai sebelum kadaluarsa. Sembari menunggu kuota vaksin selanjutnya datang dari pusat.

"Kita segerakan, karenakan ini ada masa kadaluarsanya juga," pungkasnya. ***